Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Petunjuk Jalur Pendakian Gunung Kelud Via mBlitar Timur

by Arik Suefendi , at 11:28:00 AM , has 0 komentar
Gunung Kelud (sering disalahtuliskan menjadi Kelut dalam bahasa Jawa; dalam bahasa Belanda disebut Klut, Cloot, Kloet, atau Kloete) adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang tergolong aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

Sebagaimana Gunung Merapi, Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI). Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014 tepatnya pada hari valentine 14 Februari.
Kawah Gunung Kelud Setelah Meletus
Kawah Gunung Kelud Setelah Meletus - Foto: 21/01/2017 KomunitasUnik.com

Pendakian Gunung Kelud via mBlitar Timur

Pendakian Gunung Kelud via mBlitar Timur adalah pendakian melalui rute jalur dari daerah Tulungrejo Desa Semen, Kecamatan Gandusari. Terdapat pintu gerbang pendakian wana wisata dari titik ini yang dikelola oleh PERHUTANI dengan SK DIVRE JATIM NOMOR : 1334/Kpts//Divre/-Jatim/2016. Pendakian Gunung Kelud - Perum PERHUTANI KPH Blitar dengan PETAK : 6 A - LUAS : 5,0 Ha RPH : GANDUSARI - BKPH : WLINGI.

Untuk akses lokasi ini Anda bisa menuju Pasar Semen, Gandusari kemudian mengikuti jalur arah Perkebunan Teh Bantaran yang juga merupakan jalan menuju Wisata Rambut Monte. Sebelum daerah Krisik terdapat wilayah Tulungrejo yang ada Masjidnya (kiri/barat jalan) kemudian ada tikungan di pertigaan silahkan pilih(belok) jalur ke kiri(barat) lalu ikuti(ada) petunjuk jalur berikutnya.
Wana Wisata Pendakian Gunung Kelud dari mBlitar Timur
Wana Wisata Pendakian Gunung Kelud dari mBlitar Timur

Sesampainya di kawasan gerbang pendakian gunung kelud Anda bisa mendapatkan panduan di pusat informasi pengelola wana wisata tersebut(ada plakat papan nama dan nomor ponsel yang bisa dihubungi di sini). Bisa juga dengan bertanya kepada warga sekitar pemukiman terakhir menuju pintu awal pendakian.

Sekedar informasi mengenai tarif wisata yang ada di sini(sesuai prosedur) maka akan dikenakan tarif parkir kendaraan sebesar 10rb rupiah. Tiket mendaki sebesar 5rb rupiah dan terdapat juga jasa antar jemput dari parkir kendaraan menuju pintu pendakian sebesar 5rb rupiah/orang (pulang pergi).
Perjalanan Mendaki Gunung Kelud via mBlitar Timur
Perjalanan Mendaki Gunung Kelud via mBlitar Timur

Pos Jalur Pendakian Gunung Kelud via mBlitar

Pos I - Pendakian Gunung Kelud jalur Blitar Timur

Setelah memulai pendakian dari pintu gerbang pertama (area perkebunan pinus) Anda akan menemui 3 pos titik pendakian. Pos pertama terbuat dari atap seng tanpa papan plakat pos, ketika pendakian oleh tim Komunitas Unik pada tanggal 20-21 Januari 2017. Pos pertama ini terletak di kawasan alas perhutani(sesudah melewati perkebunan pinus). Pos ini bisa digunakan untuk istirahat bahkan melakukan sholat dengan alas tikar dan sajadah (jika bawa).

Pos II - Pendakian Gunung Kelud jalur Blitar Timur

Pendakian dilanjutkan menuju Pos II yang masih berada di kawasan alas perhutani. Pada pos ini tidak terdapat pos yang sebenarnya, tetapi hanyalah terdapat papan plakat tanda bahwa Anda sudah berada di Pos 2. Menurut keterangan Pak Agung (salah satu pengelola wana wisata), di titik ini sebelumnya dahulu juga terdapat pos dari atap seng. Namun pasca erupsi Gunung Kelud tahun 2014(14 Februari) pos ini sudah tidak ada (mungkin rusak).

Puncak Pendakian Gunung Kelud
Rute Jalur via mBlitar Timur (video)


Pos III - Pendakian Gunung Kelud jalur Blitar Timur

Melanjutkan perjalanan pendakian dari Pos II menuju Pos III tidak jauh berbeda dengan pendakian dari Pos 1 meuju Pos 2. Yaitu harus menyisiri jalanan setapak menanjak di kawasan alas perhutani. Silahkan ikuti tanda panah merah dengan tulisan "ikuti jalur" hingga sampai di puncak alas perhutani(sekira melewati ribuan pepohonan besar) maka Anda akan sampai di Pos 3 (tanpa pos mapun papan plakat nama). Nah, di titik inilah Anda bisa mendirikan tenda untuk nge-camp semalam (jika perjalanan Anda dimulai sore hari).

Sebagai contoh perjalanan pendakian yang dilakukan oleh kami, tim KomunitasUik.com. Kami memulai pendakian sekitar pukul 15.00 WIB (jam 3 sore). Sempat ada beberapa anggota pendaki yang menunaikan sholat asyar di Pos pertama dan tiba di Pos 3 pada pukul 18.00 WIB (jam 6 petang). Kami langsung mendirikan tenda dan salah satu anggota menyiapkan kompor untuk memasak air. Kompor kecil ini mampu digunakan untuk memasak mie instan dan merebus air untuk membuat kopi dan jahe instan.
Camp Tenda Pendakian Gunung Kelud via mBlitar Timur
Camp Tenda Pendakian Gunung Kelud via mBlitar Timur

Menginap di puncak(camping) selama semalam sambil menyaksikan gemerlap kota Blitar dari puncak. Kawasan wilayah daerah Ngantang - Pujon, mBatu pun juga bisa terlihat dari puncak ini di malam hari. Bahkan waduk Selorejo juga terlihat jelas dari bukit tinggi sebelum Punggung Naga ini (sore hari sebelum nge-camp). Pada pagi harinya (Sabtu, 21 Januari 2017 pagi) kami menyaksikan pemandangan Sunrise alias matahari terbit dari puncak Pos 3 pendakian Gunung Kelud via mBlitar. Terlihat menakjubkan pemandangan gunung di ujung timur serta kabut bak samudra awan di atas kota Blitar (video terlampir pada artikel berikutnya di postingan Punggung Naga dan Padang Pasir Gunung Kelud).

Tim Komunitas Unik melanjutkan pendakian dari puncak pos 3 (tanpa membongkar tenda) menuju kawah gunung kelud melalui bukit Punggung Naga dan Puncak Padang Pasir sebelum kawah. Perjalanan dari tenda ini dilakukan pukul 6 pagi dan tiba di puncak padang pasir pukul 7 pagi. Melanjutkan perjalanan menuju kawah hingga akhirnya tiba di mulut kawah gunung kelud pada pukul 07.30 WIB. Perjalanan selengkapnya silhkan baca di postingan erikutnya pada artikel Punggung Naga - Puncak Padang Pasir Gunung Kelud via mBlitar.
Arik Suefendi
About
Petunjuk Jalur Pendakian Gunung Kelud Via mBlitar Timur - written by Arik Suefendi , published at 11:28:00 AM, categorized as Info Internet , Info Remaja , Info Sejarah , Info Sekolah , Info Wisata , Informasi Unik , Pendakian , Potensi Wisata , Wisata , Wisata Gunung . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog