Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Petunjuk Jalur Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar

by Ike Novita Indraswari , at 9:01:00 AM , has 0 komentar
Perkebunan Kopi Karanganyar secara administratif terletak di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Nglegok, Kab. Blitar. Letak perkebunan ini cukup strategis karena berada tak jauh dari Kawasan Wisata Penataran dan sejalur dengan beberapa destinasi wisata Blitar utara lainnya.

Untuk menuju Perkebunan Karanganya berikut rute yang bisa digunakan: Pertigaan Pasar Penataran ambil kanan ke arah Desa Modangan – Sesampai perempatan Kantor Desa Modangan ambil kiri searah dengan petunjuk arah menuju Arca Warak dan Kampoeng Melon – Ikuti jalan yang tersedia hingga tiba di kawasan Perkebunan Karanganyar.

Perkebunan kopi Karanganyar saat ini telah menjadi salah satu ikon wisata baru di Kabupaten Blitar. Sejak awal tahun 2016 tempat ini ramai dikunjungi. Bukan tanpa sebab, karena perkebunan ini mempunyai sisi keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh tempat-tempat lain di Blitar. Nuanasa kolonial Belanda sangat kental terasa ketika Anda memasuki area ini, tempat yang juga merupakan Caffe ini menyuguhkan suasana yang unik dan nyentrik.
DE KARANGANJAR KOFFIEPLANTAGE
DE KARANGANJAR KOFFIEPLANTAGE

Pemilik perkebunan kopi Karanganyar adalah keluarga Denny Moch Roshadi, salah satu keluarga terpandang di Blitar. Kebun kopi seluas 250 hektar ini memiliki beberapa spot yang unik untuk dijadikan sebagai tempat foto.

Selain itu, ada pula gamelan jawa yang ditabuh oleh para nayaga yang akan menambah suasana klasik tempat ini. Di perkebunan kopi Karanganyar pengunjung dapat menikmati wisata edukasi kopi dan juga wisata budaya Blitar. Koleksi lukisan dari Tibet akan membuat siapa saja merinding dan kagum melihatnya.
Bangunan Bernuansa Kolonial Belanda di Perkebunan Karanganyar
Bangunan Bernuansa Kolonial Belanda di Perkebunan Karanganyar

Setiap tahunnya terdapat event yang tak boleh terlewatkan di perkebunan Karanganyar yaitu ritual petik kopi atau Manten Kopi. Ritual yang bertempat di area perkebunan hingga ke Makam/Punden Nitisari Gadhung Melati dan mata air Kucur 35 ini diselenggarakan untuk menandai musim petik dan giling.

Spot Video Perkebunan Karanganyar


Spot Foto De Karanganjar Koffieplantage

Saat ini para remaja sangat gemar melakukan foto untuk di Upload di media sosial baik Instagram, Facebook, ataupun yang lainnya. Hal ini merupakan pasar yang menjanjikan untuk dibidik para pengusaha pariwisata untuk menyediakan spot foto yang unik, menarik, dan klasik.

Perkebunan Kopi Karanganyar memiliki kriteria untuk menjadi spot foto yang keren. Spot foto yang paling diminati pengunjung adalah bangunan yang bertuliskan "DE KARANGANJAR KOFFIEPLANTAGE". View terbuka ini bisa didapat dari halaman area sebelum memasuki wilayah perkebunan kopi Karanganyar, Blitar.
Koleksi Lukisan  

 

Koleksi Lukisan 



Petunjuk Jalur Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar
  1. Jika Anda berminat untuk berkunjung ke Perkebunan Karanganyar, jalur yang akan Anda tempuh tidaklah sulit karena tempat ini sangat strategis. Berikut jalur yang bisa Anda tempuh:
  2. Baik dari arah Blitar kota atau kabupaten, ambil arah menuju Kecamatan Nglegok. Perkebunan ini secara administratif terletak di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Nglegok, Kab. Blitar.
  3. Rute yang paling mudah saat Anda sudah berada di Nglegok adalah melalui Pasar Penataran, dari pertigaan pasar ambil jalur kanan menuju Desa Modangan.
  4. Lanjutkan perjalanan Anda sampai di perempatan Kantor Desa Modangan, kemudian ambil arah kiri searah petunjuk menuju Arca Warak dan Kampoeng Melon.
  5. Anda tinggal mengikuti jalan yang tersedia hingga tiba di kawasan Perkebunan Karanganyar.

Maps Jalur Perkebunan Kopi Blitar


Potensi Pengembangan
Perkebunan Kopi Karanganyar

Wisata Edukasi

Seperti yang kita ketahui bahwa wisata edukasi yang sedang naik daun di Blitar adalah Kampoeng Coklat di Kademangan. Bukan tidak mungkin jika perkebunan Karanganyar dikembangkan sebagus Kampung Coklat.

BACA JUGA: Info Wisata Kampung Anggrek Kediri Jatim

Secara potensi gtempat yang terletak di Koordinat : 7°59'49.2"S 112°14'25.4"E menyuguhkan view pegunungan yang menenangkan, perkebunan kopi yang hijau dan Bangunan kolonial Belanda yang klasik dan unik. Kedepannya bisa dikembangkan wisata edukasi seperti pengolahan biji kopi sampai siap seduh ataupun pembibitan, penanaman dan perawatan pohon kopi itu sendiri.

Mengingat potensi yang cukup besar tersebut bila dikembangkan dengan baik maka akan mendatangkan income yang lebih baik. Jika saat ini Perkebunan Karanganyar dikelola oleh perorangan/swasta untuk mengembangkan sangat disarankan untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah, masyarakat sekitar, serta pengusaha pariwisata.
Perkebunan Kopi by travellersblitar.com
Perkebunan Kopi by travellersblitar.com

Caffe yang Unik dan Klasik

Sebenarnya perkebunan yang dikelola oleh PT. Harta Mulia ini telah memiliki Caffe berlabel "O.G Caffe" yang sudah menarik minat pengunjung. Pengembangan yang perlu dilakukan adalah promosi melalui media sosial ataupun media lainnya sehingga tempat ini menjadi semakin booming.

Saat Menu yang ditawarkan di Caffe ini seperti selayaknya Caffe pada umumnya, seperti nasi goreng, aneka jus, dan aneka varian kopi. Menu-menu yang ditawarkan  bisa dikembangkan dan disesuiakan dengan latar belakang perkebunan yang bernuansa Kolonial Belanda, kalaupun tidak menggunakan masakan Eropa menu bisa dinamai dengan nama-nama klasik Eropa untuk lebih menarik minat pengunjung.
Bersantai di Perkebunan Karanganyar
Bersantai di Perkebunan Karanganyar

Makanan di Caffe
Makanan di Caffe

Pengembangan potensi wisata Perkebunan Kopi Blitar masih terus dilakukan untuk menambah daya tarik tempat ini, sampai saat ini telah dibangun museum purnabakti, camping ground dan museum pusaka. Mantan Bupati Bp. Herry Noegroho hampir setiap hari berada di lokasi ini. Silahkan jika berminat untuk berwawancara dengan beliau di sini ;)

Demikian ulasan mengenai Petunjuk Jalur Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar dan berbagai informasi tentangnya. Silahan berkunjung ke Blitar Utara dan selamat menikmati fasilitas wisata sertasuguhan pemandangannya. Terima kasih telah berkunjung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, salam berbagi dan salam cinta.
Ike Novita Indraswari
About
Petunjuk Jalur Perkebunan Kopi Karanganyar Blitar - written by Ike Novita Indraswari , published at 9:01:00 AM, categorized as Edukasi , Gaya Hidup , Hiburan , Info Remaja , Info Wisata , Informasi Unik , Potensi Wisata , Tutorial , Ulasan , Wisata . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog