Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Petunjuk Jalur Pantai Keben Blitar

by Pesona Nusantara , at 2:58:00 PM , has 0 komentar
Pantai Keben terletak di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Jaraknya kurang lebih 30 km di arah tenggara kota Blitar.

Pantai ini masih sepi, jarang sekali pengunjung yang datang ke tempat indah ini. Karena masih terbilang perawan, pantai ini belum dikelola oleh pemerintah setempat. Jadi belum ada tiket masuk ke pantai ini.

Pantai Keben memiliki bentuk seperti cincin yang disekat oleh dua buah karang besar. Karang besar itu menjadikan ombak yang melewatinya relatif lebih kecil sehingga pantai ini dapat digunakan untuk berenang. Di dekat pantai, terdapat sumber air yang biasa digunakan mandi oleh para petani di sekitar perkebunan ini. Uniknya airnya begitu jernih dan rasanya tawar.
Pantai Keben Blitar
Pantai Keben Blitar

Pemandangan alam pantai ini begitu memukau, yakni bibir pantai yang diapit bukit yang menyerupai pulau. Air lautnya pun tampak jernih dengan karang-karang kecil sekitar pantai. Di kawasan Ngadipuro, memang terdapat beberapa pantai. Pantai indah Keben salah satunya. "Pantai Keben adalah pantai terindah di antara pantai lainnya,"ujar Badri, warga sekitar.

Jika ingin menikmati keindahan pantai ini, dari kota Blitar, Anda bisa menuju menuju ke arah daerah Lodoyo. Sepanjang jalan Lodoyo akan dijumpai hutan jati. Perjalanan panjang mengikuti arah ke dusun Banyu Urip. Jalan ke arah pantai Keben semakin parah, jalan batuan terjal harus dilewati, ditambah lagi dengan beberapa tanjakan dan turunan berbatu. Setelah melewati perkampungan, akan dijumpai tanjakan yang cukup tinggi, tapi sudah dicor dengan semen.
Pantai Via Bukit Keben
Pantai Via Bukit Keben

Lepas dari tanjakan terlihat pemandangan lautan biru yang luas di kejauhan sana, tapi jalan terjal bebatuan masih panjang berliku masih sering dijumpai. Setelah itu akan ditemukan  pertigaan dan tidak ada petunjuk apapun. Setelah lewat pertigaan tersebut sekitar 250 meter di depan terdapat pertigaan lagi.

Sama seperti sebelumnya, tidak ada petunjuk apapun untuk ke pantai Keben atau pantai Pudak, tapi dari sini  sudah bisa terlihat putihnya pasir pantai yang masih jauh. Untuk menuju pantai yang lokasinya berada di bawah bukit, perjalanan masih bisa menggunakan motor. Namun menuruni bukit tersebut harus hati-hati karena banyak batu-batu runcing yang menonjol ke permukaan tanah.

Eksotisme Pantai Keben Blitar


Pada hari Minggu, 20 Nopember 2016 Komunitas BLK - Bocah Lereng Kelud berusaha mengunjungi Pantai Keben dengan diikuti oleh 21 anggota. Rute jalur menuju pantai ini searah dengan Pantai Jebring. Pantai Keben berada di sebelah timur Pantai Jebring. Petunjuk jalur sama dengan arah menuju Pantai Jebring kemudian belok kiri sebelum memasuki wilayah Pantai Jebring. Terdapat petunjuk jalur sederhana dari papan kayu (ketika video ini dipublikasikan).

Petunjuk Jalur Pantai Keben Blitar


Pantai Keben belum menjadi objek wisata yang dikelola, jadi jika Anda hendak berkunjung ke pantai ini belum dikenakan biaya tiket masuk kawasan wisata (ketika artikel ini dipublikasikan). Hanya saja, pastikan kendaraan Anda dilengkapi kunci gondok aman karena belum ada area parkir di sekitar panta. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata pantai yang masih perawan alami, maka Pantai Keben bisa menjadi pilihan tersendiri, sekaligus mampir ke Pantai Jebring di baratnya Pantai Keben dan Pantai Wedi Ireng.
Eksotisme Pantai Keben Blitar
Eksotisme Pantai Keben Blitar

Demikianlah ulasan tentang kawasan wisata Pantai Keben di Blitar. Jangan lupa kunjungi juga muara sungai air payau di ujung barat laut pesisir pantai Jebring. Serta barisan Goa yang ada di sisi timur laut Pantai Jebring. Jalur Pantai Jebring searah dengan jalur Pantai Keben. Terdapat 3 pantai di lokasi ini dan yang tak tertinggal adalah Pantai Wediireng. Terima kasih sudah mampir di blog Komunitas Unik dan membaca ulasan ini. Selamat berlibur bersama orang terkasih, salam berbagi dan salam cinta.
Pesona Nusantara
About
Petunjuk Jalur Pantai Keben Blitar - written by Pesona Nusantara , published at 2:58:00 PM, categorized as Info Wisata , Potensi Wisata , Wisata , Wisata Pantai . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog