Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Petunjuk Jalur Kampung Wisata Jodipan Malang

by Ike Novita Indraswari , at 1:32:00 AM , has 0 komentar
Kampung Wisata Jodipan atau biasa disebut Kampung Warna-Warni saat ini telah menajadi viral di media sosial. Ikon wisata baru Malang ini merupakan spot yang Instagramable dan diburu anak muda untuk hunting atau sekedar foto selfie. Kampung yang berada di bantaran Sungai Berantas ini secara administratif berada di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

KWJ, begitu kampung ini disebut (Singkatan dari Kampung Wisata Jodipan) tidak pernah sepi pengunjung. Setidaknya ada sekitar 600 orang yang datang setiap harinya. Sejak awal peresmiannya di bulan September 2016, kampung ini telah banyak dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri, baik rakyat biasa, artis, ataupu pejabat negara.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Indonesia tengah gencar menggalakkan Industri Kreatif untuk menopang perekonomian negara. Kampung Wisata Jodipan merupakan salah satu bukti tangan kreatif dari anak negeri.
Jodipan dari Jembatan Sungai Brantas
Jodipan dari Jembatan Sungai Brantas

Berawal dari tugas kuliah mahasiswa UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) yang juga bekerja sama dengan perusahaan cat di Malang, mahasiswa tersebut mempunyai ide untuk mengubah perkampungan kumuh di bawah jembatan Sungai Brantas untuk dijadikan rumah warna-warni seperti Favela Santa Marta di Rio De Jenerio, Brazil ataupun kota-kota Cinque terre di tebing Pantai Riviera Italia. Ternyata aksi tersebut mendapat respon positif dari warga setempat dan pemerintah daerah.

Meningkatkan Income Penduduk

Dimana pun tempatnya, pembukaan wisata baru selalu meningkatkan pendapatan penduduk. Begitupun di Jodipan, masyarakat setempat membuka kios-kios oleh-oleh/kerajinan khas malang, warung makanan, mengelola tiket, serta mengelola parkir pengunjung.
Spot Foto Paling Favorit KWJ

Ibu-ibu yang semula hanya bersantai di rumah, saat ini bisa membantu suami untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari berjualan makanan misalnya. Para pemuda yang dulunya menganggur kini mendapat pekerjaan untuk mengelola parkir. Untuk bisa menikmati keindahan Jodipan, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2.000,- saja.

Merangsang Pertumbuhan Industri Kreatif yang Lain

Kampung Wisata Jodipan sedikit banyak telah merubah pola pikir masyarakat dalam hal lapangan pekerjaan, jika selama ini masyarakat hanya berkutat bekerja sebagai buruh pabrik atau pegawai kantoran, kini bisa melirik peluang lain yang juga menjanjikan. Yang dibutuhkan hanyalah pemikiran kreatif, bayangkan saja tanpa pemikiran kreatif mungkin saat ini Kampung Jodipan akan tetap menjadi perkampungan kumuh yang tidak nyaman.
Tangga Warna-Warni Jodipan

Namun dengan sentuhan tangan kreatif, Jodipan telah memberikan lapangan pekerjaan baru bagi warganya juga memberikan alternatif destinasi baru bagi wisatawan. Dengan munculnya Kampung Wisata Jodipan, diharapkan akan merangsang daerah-daerah lain juga pemuda lain diseluruh negeri untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada.

Peresmian KWJ Malang
Kampung Wisata Jodipan Malang


Petunjuk Jalur Kampung Wisata Jodipan

Tidak sulit untuk menemukan Kampung Wisata Jodipan, apalagi jika Anda merupakan pengguna telepon pintar, aktifkan akses lokasi GPS Anda maka dengan mudah Anda sampai ke Jodipan. Akan tetapi jika Anda tidak bisa mengaksesnya karena alasan tertentu, berikut adalah petunjuk jalur yang bisa ditempuh menuu Kampung Wisata Jodopan:
  1. Dari Satsiun Kota Baru lurus ke arah barat
  2. Lanjutkan perjalanan sampai pertigaan, kemudian belok kanan
  3. Setelah belok kanan, kemudian ikuti jalan sampai ada pertigaan lagi
  4. Sesampainya di pertigaan belok kanan sampai di Kampung Wisata Jodipan.
Berekspresi di Jodipan

Maps Peta KWJ Malang


Berikut beberapa tips ketika Anda berkunjung ke KWJ agar acara wisata Anda benar-benar menyenangkan:
  1. Bawalah minuman. Untuk menghindari dehidrasi ketika mengeksplorasi sudut demi sudut Jodipan bawalah air minum.
  2. Datanglah pagi sebelum jam 10 atau sore setelah jam 3. Jangan datang di tengah hari karena dipastikan Anda akan kepanasan dan tidak jadi menikmati acara selfie yang telah direncanakan.
  3. Jangan memakai high heels, pakailah sepatu biasa atau sendal yang nyaman. Karena di Jodipan Anda akan jalan-jalan dan perkampungan ini terdapat beberapa tangga yang akan menguras tenaga Anda ketika melewatinya.

Demikianlah ulasan petunjuk jalur dan tips berkunjung ke KWJ alias Kampung Wisata Jodipan di Kota Malang. Mungkin Anda berdomisili dari luar Kota Malang dan berniat untuk mengunjungi tempat ini? Selamat berkunjung di kota Malang si kota pelajar juga kota pendidikan. Terima kasih telah menyimak, salam berbagi dan salam cinta.
Ike Novita Indraswari
About
Petunjuk Jalur Kampung Wisata Jodipan Malang - written by Ike Novita Indraswari , published at 1:32:00 AM, categorized as Info Remaja , Info Wisata , Informasi Unik , Life Style , Panduan , Petunjuk Jalur , Potensi Wisata , Remaja , Ulasan , Wisata . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog