Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Petunjuk Jalur Air Terjun Tundolawe Blitar

by Arik Suefendi , at 11:59:00 PM , has 0 komentar
Tundolawe adalah air terjun di Blitar Utara. Terletak di kawasan Perhutani Petak 6 A, RPH Gandusari - BKPH Wlingi. Bisa diakses melalui Desa Gadungan Kecamatan Gandusari. Telah mendapat izin Wana Wisata SK DIVRE JATIM Nomor: 1334/Kpts/Divre-Jatim/2016. Plakat BOR Papan Nama telah ditancapkan di sekitar area air terjun pada hari Minggu, 06 November 2016 oleh Komunitas BLK dan Komunitas DemPAL yang didukung oleh LMDH serta warga masyarakat Rotorejo.

Komunitas DemPAL (Dermosari Pecinta Alam) bersama warga sekitar Rotorejo disupport oleh LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) memulai penelusuran menuju lokasi air terjun Tundolawe sekitar pukul 09.00 pagi. Diikuti oleh perwakilan teman Komunitas BLK (Bocah Lereng Kelud) sekitar pukul 10.00 WIB dan bertemu bersama-sama di lokasi air terjun sekitar pukul 12.00 siang.

Kunjungan diadakan untuk membersihkan lokasi air terjun dari sampah kayu dan ranting serta menata batu yang masih berserakan. Dilanjutkan penancapan plakat papan nama air terjun Tundolawe yang pertama kali. Sebelumnya Tundolawe dikenal warga sekitar dengan sebutan air terjun Kucur Lawe. Seiring berjalannya proses pengajuan izin wisata dari Provinsi, kini telah disepakati sebuah nama yang baru untuk air terjun Kucur Lawe menjadi air terjun Tundolawe.
Air Terjun Tundolawe
Air Terjun Tundolawe

Tundo diambil dari kata tunda yang menunjukkan bahwa curahan air terjun Tundolawe tidak langsung jatuh di permukaan tanah melainkan mengenai bagian tebing (tertunda) di bagian bawah air terjun. Sedangkan kata lawe adalah sebagai keseragaman nama dengan nama air terjun yang lain yang juga berada di wilayah Kecamatan Gandusari. Ialah air terjun Lawean di Perkebunan Kawisari.

Rute Lokasi Air Terjun Tundolawe



Petunjuk Jalur Air Terjun Tundolawe

Petunjuk jalur menuju air terjun Tundolawe bisa ditempuh dari berbagai arah kabupaten (jika Anda dari luar kota). Dari selatan dari arah Blitar Kota, dari barat dari arah Kabupaten Kediri dan timur dari arah Kabupaten Malang. Dari manapun asal arah daerah bisa langsung menuju wilayah Kecamatan Gandusari lalu dilanjutkan memasuki wilayah Desa Gadungan.

Jika dari jalur jalan raya provinsi Blitar - Malang silahkan memulai perjalanan dari perempatan Pasar Talun atau Kantor Polsek Talun. Ambil arah utara menuju wilayah kecamatan Gandusari. Perhatikan panduan rute berikut ini:
  1. Dari perempatan pasar talun ke utara kurang lebih 7 km sampai di perempatan Lapangan Sukosewu.
  2. Dari perempatan Lapangan Sukosewu ke timur 1 km arah Kantor Polsek Gandusari. Anda akan sampai di pertigaan selatan Kantor Polsek Gandusari.
  3. Silahkan ambil jalur kiri atau ke Utara melewati depan Kantor Polsek Gandusari. Sesudahnya akan ada perempatan (jika ke kanan/timur menuju Kantor Kecamatan Gandusari). Silahkan lurus saja ke utara menuju Desa Gadungan melewati Dusun Rejosari.
  4. Ikuti jalur menuju kantor Desa Gadungan, ada belokan silahkan terus ikuti jalan hingga sampai di jalan sumpit urang Desa Gadungan. Pada titik ini silahkan pilih jalur yang kanan menuju Bendungan dan PLTA Ngusri.
  5. Silahkan terus ikuti jalur menuju Bendungan Ngusri, jika sampai di area bendungan ada pertigaan sebelum bendungan silahkan belok kearah kiri atau barat menuju Perkebunan Rotorejo (melewati pleret/plengsengan di sisi selatan bendungan).
  6. Ikuti jalan di tengah-tengah perkebunan kopi dan ketika menjumpai sumpit urang lagi silahkan ambil jalur kanan menuju Perkebunan Rotorejo (jika ke kiri menuju pemukiman Njari).
  7. Ketika sudah sampai di area perkebunan Rotorejo, Anda sudah bisa memulai perjalanan menuju air terjun Tundolawe (sebelumnya dikenal dengan sebutan Kucur Lawe). Bisa tanya kepada warga sekitar Rotorejo ketika akan memulai pendakian (ringan) menuju air terjun Tundolawe.

Sampai pada saat artikel ini dipublikasikan masih belum ada petunjuk jalur yang jelas menuju Tundolawe. Dikarenakan memang kawasan air terjun Tundolawe masih sangat alami dan baru mulai akan dikembangkan. Mulai dari akses jalan meuju lokasi dan fasilitas wana wisata yang lain berkaitan dengan Tundolawe.
Kabar baiknya, kegiatan pengembangan potensi wisata air terjun Tundolawe akan segera dilaksanakan oleh LMDH, akan dibantu dengan Komunitas BLK dan rekan-rekan DemPAL serta warga masyarakat sekitar Rotorejo. Ditargetkan pada awal tahun baru 2017 lokasi air terjun Tundolawe bisa diakses dengan mudah. oleh para pengunjung.

Peta Sitemap Air Terjun Tundolawe

Petunjuk Jalur Bendungan PLTA Ngusri

Petunjuk Jalur Tundolawe dari Bendungan Ngusri

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat foto berikut ini. Perhatikan tanda tambahan untuk membantu mempermudah petunjuk jalur menuju air terjun Tundolawe. Dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam dari awal pendakian di tempat penitipan kendaraan di pemukiman penduduk menuju air terjun Tundolawe. Anda harus menyisirarea perkebunan kopi dan jabon milik PT Rotorejo. Sehabis area perkebunan Anda akan memasuki kawasan alas atau hujan milik perhutani.
Tundolawe dari Bendungan Ngusri
Tundolawe dari Bendungan Ngusri

Jalur Pendakian Air Terjun Tundolawe
Jalur Pendakian Air Terjun Tundolawe

Setiba di lokasi air terjun Tundolawe Anda akan disuguhi pemandangan luar biasa alami hijau nan asri. Silahkan membuat arsip dokumentasi dengan berfoto selfie ria maupun mengambil video keceriaan berwisata alam. Dijamin ketika teman dan orang lain menyaksikan galeri foto dan video Anda maka mereka akan penasaran dan kepengin untuk turut mengunjungi air terjun Tundolawe.

Galeri Penyematan Wana Wisata
Air Terjun Tundolawe, Gandusari - Blitar

Tundolawe berbeda dengan air terjun Lawean yang ada di Perkebunan Kawisari yang relatif lebih mudah untuk akses penelusurannya. Kedua air terjun ini terpisah di 2 lokasi yang berbeda. Kucur Lawe bisa dikunjungi melalui jalur Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari - Kabupaten Blitar.
Plakat Air Terjun Tundolawe
Plakat Air Terjun Tundolawe

Air Terjun Tundolawe DemPAL
Air Terjun Tundolawe DemPAL

Air Terjun Tundolawe Komunitas BLK
Air Terjun Tundolawe Komunitas BLK

Musyawarah BLK Tundolawe
Musyawarah BLK Tundolawe

Musyawarah LMDH Tundolawe
Musyawarah LMDH Tundolawe

Penyematan Wana Wisata
Air Terjun Tundolawe Blitar


Dianjurkan pula untuk mengenakan pakain tertutup jika berkunjung ke air terjun Kucur Lawe. Hal ini untuk mengantisipasi serangan lintah atau pacet yang peka sekali terhadap kehadiran manusia. Gigitan pacet yang menempel pada tubuh manusia di wilayah ini tidak menimbulkan rasa sakit bahkan tidak terasa. Tetapi pacet yang menempel pada tubuh manusia ini adalah untuk menghisap darah. Pakain tertutup mulai dari sepatu, celana panjang dan jaket akan meminimalisir serangan pacet ini.

Dan akhirnya perasaan puas dan bangga akan selalu terkenang ketika Anda membuka kembali galeri foto dan video Anda sampai kapanpun ;) Cukup dibutuhkan 1 jam perjuangan menaklukkan medan menuju air terjun demi kepuasan menikmati alam tak tergantikan. Demikian ulasan artikel mengenai petunjuk jalur menuju air terjun Tundolawe. Terima kasih telah menyimak ulasan tentang penelusuran ke air terjun Tundolawe, semoga bermanfa'at salam berbagi dan salam cinta.
Arik Suefendi
About
Petunjuk Jalur Air Terjun Tundolawe Blitar - written by Arik Suefendi , published at 11:59:00 PM, categorized as Air Terjun , Info Wisata , Informasi Unik , Potensi Wisata , Wisata . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog