Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Air Terjun Tundo Lawe Pembukaan Perdana

by Pesona Nusantara , at 12:40:00 AM , has 1 comment
Air Terjun Tundo Lawe ya Tundolawe berada di wilayah Rotorejo, Kruwuk Desa Gadungan Kecamatan Gandusari. Salah satu daerah di Kabupaten Blitar bagian utara yang didominasi area perkebunan dan wilayah perhutani.

Searah dengan Bendungan Ngusri di Desa Gadungan, maka untuk menuju kawasan lokasi wana wisata ini sudah lumayan dekat. Perdana pertama dibuka untuk umum pada hari Minggu tanggal 27 November 2016 dan siap dikunjungi wisatawan di awal tahun baru 2017.

Pelebaran jalur akses menuju air terjun terus dilakukan demi kenyamanan para pengunjung yang mulai berdatangan. Pasalnya air terjun tundolawe memang belum lama dibuka untuk umum sebagai tujuan wana wisata. Wana dalam artian alas alias hutan merupakan sebutan yang cocok dan pas untuk wana wisata air terjun tundo lawe.
Gadis Wlingi di Tundolawe
Gadis Wlingi di Tundolawe

Terletak di kawasan Perhutani Petak 6 A, RPH Gandusari - BKPH Wlingi. Bisa diakses melalui Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari - Kabupaten Blitar. Telah mendapat izin Wana Wisata SK DIVRE JATIM Nomor: 1334/Kpts/Divre-Jatim/2016. Plakat BOR Papan Nama telah ditancapkan di sekitar area air terjun pada hari Minggu, 06 November 2016 oleh Komunitas BLK dan Komunitas DemPAL yang didukung oleh LMDH serta warga masyarakat Rotorejo.

Tundo diambil dari kata tunda yang menunjukkan bahwa curahan air terjun Tundo lawe tidak secara langsung jatuh di permukaan tanah melainkan mengenai bagian tebing (tertunda) di bagian bawah air terjun. Sedangkan kata lawe adalah sebagai keseragaman nama dengan nama air terjun yang lain yang juga berada di wilayah Kecamatan Gandusari. Ialah air terjun Lawean di Perkebunan Kawisari.

Kota Blitar ke Air Terjun Tundolawe


Petunjuk jalur menuju air terjun Tundolawe bisa ditempuh dari berbagai arah kabupaten (jika Anda dari luar kota). Dari selatan dari arah Blitar Kota, dari barat dari arah Kabupaten Kediri dan timur dari arah Kabupaten Malang. Dari manapun asal arah daerah bisa langsung menuju wilayah Kecamatan Gandusari lalu dilanjutkan memasuki wilayah Desa Gadungan.

Perdana Pembukaan Air Terjun Tundolawe


Jika dari jalur jalan raya provinsi Kediri - Blitar - Malang silahkan memulai perjalanan dari perempatan Pasar Talun atau Kantor Polsek Talun. Ambil arah utara menuju wilayah kecamatan Gandusari. Perhatikan panduan jalur rute berikut ini:
  1. Dari perempatan pasar talun ke utara kurang lebih 7 km sampai di perempatan Lapangan Sukosewu.
  2. Dari perempatan Lapangan Sukosewu ke timur 1 km arah Kantor Polsek Gandusari. Anda akan sampai di pertigaan selatan Kantor Polsek Gandusari.
  3. Silahkan ambil jalur kiri atau ke Utara melewati depan Kantor Polsek Gandusari. Sesudahnya akan ada perempatan (jika ke kanan/timur menuju Kantor Kecamatan Gandusari). Silahkan lurus saja ke utara menuju Desa Gadungan melewati Dusun Rejosari.
  4. Ikuti jalur menuju kantor Desa Gadungan, ada belokan silahkan terus ikuti jalan hingga sampai di jalan sumpit urang Desa Gadungan. Pada titik ini silahkan pilih jalur yang kanan menuju Bendungan dan PLTA Ngusri. Di titik ini pula sudah ada papan petunjuk jalur dari kayu menuju air terjun Tundolawe.
  5. Silahkan terus ikuti jalur menuju Bendungan Ngusri, jika sampai di area bendungan ada pertigaan sebelum bendungan silahkan belok kearah kiri atau barat menuju Perkebunan Rotorejo (melewati pleret/plengsengan di sisi selatan bendungan).
  6. Ikuti jalan di tengah-tengah perkebunan kopi dan ketika menjumpai sumpit urang lagi (sumpit urang Njari) silahkan pilih yang jalur kanan menuju Perkebunan Rotorejo (jika ke kiri menuju pemukiman Njari).
  7. Ketika sudah sampai di area perkebunan Rotorejo, Anda sudah bisa memulai perjalanan setapak menuju air terjun Tundolawe (sebelumnya dikenal dengan sebutan Kucur Lawe). Bisa tanya kepada warga sekitar Rotorejo ketika akan memulai perjalanan (pendakian ringan) menuju air terjun Tundo lawe.

Gotong royong dilakukan oleh penduduk sekitar untuk mengembangkan kawasan tundolawe di rotorejo sebagai salah satu tujuan wana wisata di Blitar. Rencana bakal dikembangkan juga wana wisata watu lawang tidak jauh dari air terjun. Sekedar bocoran info saja, bahwa watu lawang adalah 2 buah batu besar yang terpisah ditengah-tengahnya dan merupakan akses jalan memasuki kawasan alas perhutani.

Bakal kebayang eksotisme pemandangan alam hutan ketika area ini sudah dikelola menjadi wana wisata. Dibantu oleh kelompok anggota komunitas BLK (Bocah Lereng Kelud) Kruwuk, CKM (Cipta Karya Manunggal) Rotorejo dan DemPAL (Dermosari Pecinta Alam) serta LMDH (Lembaga Masyarakat Desa) Gajah Mungkur kegiatan memajukan potensi daerah lokal terus dikerjakan.
Air Terjun Tundo Lawe
Air Terjun Tundo Lawe

Gotong Royong Tundolawe
Gotong Royong Tundolawe

Parkir Air Terjun Tundolawe
Parkir Air Terjun Tundolawe

Menjadi salah satu visi tujuan yang sama dari masing-masing komunitas ini untuk memajukan lingkungan dan menjaga nama baik daerah lokal. Jika Anda berkunjung di wana wisata tundolawe, Gadungan - Gandusari maka tidak menutup kemungkinan Anda akan berjumpa dengan salah satu anggota komunitas tersebut di atas. Kesempatan untuk meminta bantuan sekaligus pendampingan maupun sekedar informasi mengenai air terjun maupun watu lawang agar tujuan wisata Anda terkesan nyaman.

Air Terjun Tundolawe menambah 1 lagi tujuan wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Cocok digunakan sebagai tempat kegiatan pecinta alam, perkemahan jelajah pramuka dan lain sebagainya di setiap area wisata Blitar utara. Terdapat juga candi waringin branjang, bendungan ngusri, patung lembu sura, tugu gunung gedang dan masih banyak lagi. Semoga untuk waktu ke depan segala informasi mengenai tempat-tempat tersebut akan segera dipopulerkan secara luas.
Pertemuan Air Terjun Tundo Lawe
Pertemuan Air Terjun Tundo Lawe

Petunjuk Jalur Tundolawe
Petunjuk Jalur Tundolawe

Rumpun Bambu Tundo Lawe
Rumpun Bambu Tundo Lawe

Tiket Masuk Tundolawe
Tiket Masuk Tundolawe

Membutuhkan perjalanan beberapa sa'at untuk sampai di air terjun tundolawe. Perjalanan bisa ditempuh sekitar 30 menit dari lokasi terakhir parkir kendaraan (disarankan bawa motor). Setiba di lokasi air terjun Tundolawe Anda akan disuguhi pemandangan luar biasa alami hijau nan asri. Silahkan membuat arsip dokumentasi dengan berfoto selfie ria maupun mengambil video keceriaan berwisata alam. Dijamin ketika teman dan orang lain menyaksikan galeri foto dan video Anda maka mereka akan penasaran dan kepengin untuk turut mengunjungi air terjun Tundolawe.

Dan akhirnya perasaan puas dan bangga akan selalu terkenang ketika Anda membuka kembali galeri foto dan video Anda sampai kapanpun ;) Cukup dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Blitar Kota dalam perjuangan untuk menaklukkan medan menuju air terjun demi kepuasan menikmati alam tak tergantikan. Demikian ulasan artikel mengenai petunjuk jalur menuju air terjun Tundolawe. Terima kasih telah menyimak ulasan tentang penelusuran ke air terjun Tundolawe, semoga bermanfa'at salam berbagi dan salam cinta.

Pesona Nusantara
About
Air Terjun Tundo Lawe Pembukaan Perdana - written by Pesona Nusantara , published at 12:40:00 AM, categorized as Info Wisata , Potensi Wisata , Wisata , Wisata Air Terjun . And has 1 comment
1  comment Add a comment
wana watu lawang? bisa minta di post petunjuk jalannya gan?
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog