Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Cara Ampuh Mengatasi Lalat Buah

by Ike Novita Indraswari , at 4:57:00 AM , has 0 komentar
Lalat buah merupakan salah satu hama yang paling dibenci petani karena hama berwarna kuning dengan motif tubuh garis-garis hitam mirip tawon ini menyerang tanaman buah apa saja, baik sayur buah maupun tanaman buah seperti apel, mangga, jambu, pisang, dan sebagainya.

Apabila petani tidak mengetahui cara yang tepat untuk membasminya, maka akan menimbulkan kerugian yang cukup besar karena hama ini menimbulkan kerusakan buah dan kebusukan yang menyebabkan buah tidak layak konsumsi dan tidak laku dijual.

Jika kita memperhatikan lalat buah yang hinggap di buah, kita tidak akan melihatnya memakan buah tersebut. Lalat buah memangsa tanaman memang bukan dengan cara memakannya, tapi menitipkan telur-telur dan menyuntikkannya ke daging buah, larva inilah yang memakan buah sehingga menyebabkan buah-buahan menjadi menguning, berlubang, membusuk dan akhirnya rontok.

Sebelum kita membahas Cara Ampuh Untuk Mengatasi lalat buah, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu daur hidup hama tersebut.

Daur Hidup Lalat Buah:
  1. Buah yang masih muda dirusak dengan cara menyuntikkan 50 sampai 100 telur
  2. Perlu waktu yang cukup singkat untuk membuat telur tersebut menetas menjadi belatung, sekitar 2-5 hari
  3. Setelah 4 – 7 hari larva akan keluar mennjadi belatung dan melubangi buah kemudian menjatuhkan diri ke tanah untuk menjadi pupa
  4. Dalam kurun waktu 3 – 5 hari pupa telah berubah menjadi lalat dan siap mengudara




 

Melihat daur hidup yang sangat singkat tersebut, perlu penanganan yang tepat, jitu, dan ampuh untuk membasmi hama perusak tanaman ini.

Cara Ampuh Mengatasi Lalat Buah :

1.    Gunakan Lem Perangkap Berwarna Kuning

Lalat buah sangat tertarik dengan benda berwarna kuning, untuk itu pasanglah botol atau apapun yang berwarna kuning di kebun Anda dan lumurilah botol tersebut dengan lem (bisa menggunakan metilat, Leila, hogy) seketika saat lalat mendekat akan lengket dan terperangkap di sana.

2.    Mengatasi dengan Pembungkusan Buah

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi lalat buah adalah dengan membungkus buah dengan plastik, kertas, karung, anyaman daun kelapa. Cara ini efektif dilakukan sedini mungkin pada saat pentil buah terbentuk. Akan tetapi membutuhkan banyak biaya jika kebun kita terlalu luas, cocok untuk petani yang kebunnya tidak terlalu luas.

3.    Menggunakan Umpan Metyl Eugenol

Metyl Eugenol merupakan senyawa yang memiliki aroma khas yang sangat disukai lalat buah. Petani bisa memasang botol perangkap di kebunnya dengan umpan metyl eugenol. Pemasangan perangkap sebaiknya di pinggir saja agar lalat tidak terkumpul di tengah kebun buah.

4.    Penyemprotan dengan Insektisida Kimia

Insektisida yang bisa digunakan antara lain santoat, perfection, metindo, bomba, lannate, curacron, buzzer, biocron, atau curacron. Penyemprotan bisa dilakukan sebelum jam 6 pagi pada bagian bawah dan secara merata.

Selain empat cara diatas, untuk mengatasi hama lalat buah petani bisa mengkombinasikan cara perangkap dan penyemprotan insektisida kimia agar hasil pembasmian lebih sempurna. Selain itu, alangkah lebih baik jika petani melakukan perawatan khusus pada tanamannya dengan menjaga kebersihan dengan menyiangi rumput liar, membuang/membakar sampah disekitar tanaman, memangkas buah yang telah terserang dan memendamnya dalam tanah agar pupanya mati (untuk memutus daur hidup lalat buah).

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengatasi lalat buah yang sangat meresahkan petani. Semoga artikel ini bermanfaat sehingga hasil pertanian bisa optimal dan petani tidak mengalami kerugian. Jangan lupa untuk berlangganan artikel gratis dengan menuliskan alamat email Anda pada kotak yang telah disediakan di dalam situs ini. Terima kasih telah membaca, salam berbagi dan salam cinta.
Ike Novita Indraswari
About
Cara Ampuh Mengatasi Lalat Buah - written by Ike Novita Indraswari , published at 4:57:00 AM, categorized as Bercocok Tanam , Perkebunan , Pertanian , Potensi Penghasilan , Solusi . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog