Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Budidaya Teratai Sebagai Peluang Bisnis Sampingan

by Ike Novita Indraswari , at 6:53:00 AM , has 0 komentar
Budidaya teratai saat ini belum banyak diminati masyarakat. Biasanya orang menanam teratai hanya sekedar untuk mempercantik kolam rumahnya, padahal apabila kita bisa telaten membudidayakannya teratai mempunyai peluang bisnis yang bagus.

Salah satu petani teratai sukses yang di ekspos oleh media adalah Sri Padmi Laksmi. Dia berhasil melihat peluang bisnis dari keindahan dan kecantikan bunga teratai. Perempuan asal Buleleng, Bali ini tak hanya membudidayakan teratai saja tapi juga lotus. Laksmi menjualnya baik di dalam maupun keluar negeri, untuk pasar dalam negeri dia biasa menjual di sekitar Denpasar dan Jakarta, sedangkan pasar luar negeri biasa dikirimnya ke Negara-negara Eropa atau Australia.

Teratai biasa digunakan untuk kepentingan upacara keagamaan agama hindu dan budha. Selain itu, teratai juga banyak dibutuhkan hotel-hotel mewah untuk dekorasi. Peluang bisnis bunga ini memang lebih banyak untuk ekspor, akan tetapi kebutuhan lokal pun juga lumayan untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda.
Gambar Bunga Teratai
Gambar Bunga Teratai

Tidak banyak yang tahu cara budidaya teratai, begitupun juga banyak yang tidak tahu peluang bisnis jika kita mampu membudidayakan tanaman air ini dengan benar. Cara budidaya nya sebenarnya cukup mudah, mengingat teratai hidup di air jadi tidak tergantung akan keadaan musim. Meski hidup dia air, teratai suka dengan suhu hangat.

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah:
  1. Intensitas cahaya matahari. Tanaman air seperti teratai memerlukan banyak cahaya matahari. Hal ini untuk menghindari tanaman dari kebusukan
  2. Pupuk yang memadai. Selayaknya tanaman budidaya pada umumnya, teratai memerlukan pupuk untuk merangsang pertumbuhan. Pupuk bisa dimasukkan ke media tanam.
  3. Kebersihan air. Media tanam teratai adalah air yang mudah ditumbuhi jentik-jentik nyamuk ataupun tanaman liar lainnya. Hal ini sangat beresiko menyebabkan kebusukan. Untuk itu, perlu dilakukan penyiangan untuk menjaga keadaan air tetap bersih. Sampah dedaunan yang telah mati atau pun sudah menguning juga perlu disiangi.
  4. Suhu yang ideal. Kisaran suhu ideal bagi teratai adalah 20-30 derajat celcius. Usahakan terhindar dari jangkauan angin karena hal ini dapat menyebabkan batang teratai mudah patah.
Cover Budidaya Teratai
Cover Budidaya Teratai

Cara Budidaya Teratai:

Pembibitan

Ada dua cara untuk pembibitan teratai, yaitu menggunakan biji dan tunas akar. Akan tetapi pembibitan teratai menggunakan biji lebih sulit dilakukan. Jadi lebih baik menggunakan teknik tunas akar.  

Dalam memilih indukan yang akan di jadikan bibit, Anda harus berhati-hati. Pilih dan pisahkan tunas akar bibit dari pangkal indukan dengan hati-hati tanpa merusak perakaran atau batangnya. Jangan sampai tunas tersebut rusak. setelah dipisahkan teratai langsung bisa ditanam.

Budidaya Lotus Bunga Teratai


Penanaman

Tahap kedua dalam budidaya teratai setelah pembibitan adalah penanaman. Anda dapat memilih berbagai media tanam, seperti air, lumpur, kolam, pancuran, dan lain-lain. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Mengingat habitat asli teratai adalah air, maka air tempat hidupnya haruslah sampai menggenang. Anda dapat menggunakan media lumpur yang diberi air. Buat media tanam dengan mencampurkan pasir dengan sedikit air tanah dan pupuk kandang/kompos halus dengan perbandingan (1:1/2:1/2). Selanjutnya rawat teratai secara intensif.

Perawatan

Dalam perawatan teratai buat air selalu menggenang dan tidak berkurang, karena teratai sangat suka dengan air yang banyak. Bila teratai tumbuh besar dan Anda menggunakan media pot, segera pindahkan ke pot yang lebih besar juga atau di pisah tunasnya untuk dibesarkan di pot lain. Karena media tanamnya adalah air, jangan lupa pupuk cairnya. Berikan pupuk cair secara berkala yakni setiap 2-2,5 bulan sekali. Pupuk cair akan menambah kesuburan bunga teratai sekaligus bisa mempercantik bunganya.

Itulah ulasan mengenai cara budidaya teratai sebagai peluang bisnis sampingan. Mungkin Anda tertarik untuk menjadikan budidaya lotus alias teratai sebagai usaha sampingan? Selamat berwira usaha. Terima kasih telah menyimak ulasan ini. Jangan lupa share atau bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi yang mendapatkan referensi informasi terkait. Semoga bermanfa'at, salam berbagi dan salam cinta.
Ike Novita Indraswari
About
Budidaya Teratai Sebagai Peluang Bisnis Sampingan - written by Ike Novita Indraswari , published at 6:53:00 AM, categorized as Info Internet , Info Remaja , Peluang Bisnis , Pertanian , Ulasan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog