Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Cara Membuat Keripik Mbote Tidak Gatal

by Arik Suefendi , at 11:00:00 AM , has 0 komentar
Cara membuat keripik talas/mbote agar tidak gatal di mulut ketika dikonsumsi sangatlah mudah. Biasanya orang membuat keripik talas/mbote dengan cara dijemur dengan tujuan untuk menghilangkan resiko gatal di mulut. Namun berbeda dengan tips cara yang digunakan dalam ulasan berikut ini.

Menjemur talas sebelum digoreng memang lumayan efektif untuk menghilangkan kadar zat kalsium oksalat. Zat inilah yang menimbulkan efek gatal di mulut ketika keripik mbote dimakan. Meskipun zat kalsium oksalat ini tidak meninggalkan gangguan yang serius pada tubuh manusia, tetapi jika kita mengkonsumsi keripik talas dan menimbulkan kesan gatal di mulut maka akan terkesan mengganggu.

Selain membutuhkan proses yang lebih lama, penjemuran kerap menimbulkan kesan warna biru pada talas/mbote yang dikeringkan. Untuk menyingkat proses pembuatan keripik serta langkah efektif untuk menghilangkan efek rasa gatal di mulut adalah dengan cara merendam umbi ke dalam rendaman NaCl (larutan air garam). Kandungan zat Kalsium Oksalat pada umbi talas bisa dikurangi kadarnya karena reaksi antara natrium klorida (NaCl) dan Kalsium Oksalat (CaC2O4).
Keripik Mbote
Keripik Mbote

Cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas alias mbote bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah salah satu cara yang paling umum bisa diterapkan bahkan oleh Anda. Caranya cukup sederhana yaitu menggunakan garam. Tutorial caranya bisa mengikutipanduan seperti berikut ini.

Pencucian umbi talas setelah proses perendaman juga dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan sisa endapan hasil pengikatan NaCl terhadap CaC2O4 yang masih menempel pada umbi. Sedangkan keselruhan proses pencucian dan perendaman dengan air berfungsi untuk menghilangkan zat-zat pengotor dalam talas. Pada umumnya cara ini sudah biasa dilakukan sejak era masyarakat tradisional, dan cara tersebut sudah benar karena dipercaya bisa menetralisasi toksin.

Cara Menghilangkan Rasa Gatal Umbi Talas/Mbote
  • Kupas umbi talas dari kulit luar
  • Cuci bersih umbi talas 5-10 menit
  • Siapkan air dengan larutan NaCl (garam) 1%
  • Rendam umbi talas ke dalam larutan selama kurang lebih 30 menit
  • Cuci kembali umbi talas dengan air bersih untuk menghilangkan garam mineral

Meski demikian untuk menghilangkan rasa gatal pada mbote tidak serta merta harus melakukan cara seperti panduan di atas. Sebagai pelaku produksi pembuatan keripik talas, ibu dari penulis juga memperhatikan hal-hal yang mungkin dapat berpengaruh atas timbulnya rasa gatal pada talas/mbote. Sebenarnya sangat sederhana untuk memilih mbote yang tidak gatal meskipun tidak dilakukan cara seperti panduan di atas.

Cukup dengan memilih umbi talas yang tidak terlalu tua, sudah bisa dipastikan bahwa mbote yang digoreng tidak akan berasa gatal. Hindari pemilihan umbi yang sangat tua bahkan mulai muncul tunas yang merupakan tanda bahwa umbi tersebut berpotensi untuk tumbuh sendiri (menjadi bibit). Dengan memilih umbi talas/mbote yang tidak terlalu tua, maka umbi yang digoreng tidak akan berasa gatal sekalipun sekali kupas-cuci-iris-goreng. Kecuali memang jenis mbote nya adalah jeis mbote gatal.
Keripik Talas Kelud Makmur
Keripik Talas Kelud Makmur

Kami juga melayani pemesanan keripik talas dengan label "Kelud Makmur" dalam dan luar kota Blitar. Siap kirim ke lain provinsi, luar pulau bahkan luar negri. Harga keripik talas produksi kami hanya Rp. 5000,- per bungkus (2 ons). Minimal order luar kota adalah 20 pcs/bungkus alias pemesanan di atas 100 ribu rupiah. Ongkir alias biaya ongkos pengiriman dibebankan kepada pembeli. Produk dikirim melalui JNE. Silahkan hubungi Bang Zacky alias Mas Arik Suefendi untuk melalukan pemesanan dengan kontak berikut ini.

Zacky
Arik Suefendi

Pin Bbm 5B3826CF

Line/Wa 0822 5768 5356
Call/Sms 081 55 33 45 232

Demikianlah tips ulasan panduan mengenai cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas untuk membuat keripik talas/mbote. Silahkan diterapkan dalam usaha pembuatan keripik talas Anda maupun pembuatan menu makanan dengan bahan dasar talas/mbote yang lain. Terima kasih telah membaca, salam berbagi dan salam cinta.
Arik Suefendi
About
Cara Membuat Keripik Mbote Tidak Gatal - written by Arik Suefendi , published at 11:00:00 AM, categorized as Info Internet , Informasi Unik , Panduan Bisnis , Perkebunan , Pertanian , Resep , Tutorial , Ulasan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog