Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Petunjuk Jalur Sirah Kencong Air Terjun Perkebunan dan Pabrik Teh

by Arik Suefendi , at 9:12:00 AM , has 0 komentar
Sirah Kencong adalah nama yang benar untuk salah satu tempat wisata di Blitar yang meski kadang disebut-sebut dengan Serah Kencong. Merupakan tempat wisata berupa perkebunan dan pabrik teh serta air terjun yang berlokasi di sekitar kaki Gunung Kawi - Jawa Timur.

Secara administratif, Sirah Kencong terletak atau ikut dalam wilayah Kelurahan Ngadirenggo, Kec. Wlingi - Kab. Blitar. Selain perkebunan dan pabrik teh serta air terjun, sebenarnya ada juga sebuah candi di sekitar lokasi wisata Sirah Kencong. Namun, para wisatawan rata-rata hanya berkunjung ke Sirah Kencong untuk mendatangi air terjun, pabrik dan perkebunan teh.

Petunjuk jalur menuju wisata air terjun Sirah Kencong dapat ditempuh melalui 2 jalur. Pertama rute melewati Pasar Semen, Gandusari (rute lama). Sedangkan rute yang kedua bisa melalui Kawedanan Wlingi City Hall (rute baru). Dari kedua jalu tersebut disarankan menggunakan jalur yang baru saja, dikarenakan jalanan lebih lebar dan relatif lebih mudah terlebih jika Anda menggunakan kendaraan roda 4.
Sirah Kencong Air Terjun Blitar
Sirah Kencong Air Terjun Blitar 

Perjalanan Menuju Sirah Kencong Blitar

Sebenarnya dalam situs ini sudah sempat diulas mengenai rute mudah menuju wisata air terjun Sirah Kencong sebelumnya. Namun penulisan ulang ini ditujukan untuk memberikan panduan dan petunjuk jalur yang lebih mudah dipahami. Selain itu, dalam ulasan kali ini, petunjuk jalur menyarankan untuk berkunjung ke Sirah Kencong melalui jalur yang baru yakni via Kawedanan Wlingi City Hall.

Belum lama ini ada rute baru yang cukup mudah untuk menuju ke sirah kencong. Bahkan mobil sedan roda empat pun bisa melaluinya dengan mudah. Meski ada beberapa titik dengan jalan yang rusak tapi masih bisa dilewati kendaraan roda empat. Terakhir perwakilan tim Komunitas Unik mengunjungi tempat ini juga masih terus dilakukan proyek pembaruan jalan menuju Sirah Kencong.
Pemandangan Kebun Teh Sirah Kencong
Pemandangan dari Kebun Teh Sirah Kencong

Meskipun begitu tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan yang ceper. Hal ini dimaksudkan agar perjalanan Anda tidak menemui kendala yang berarti. Rute bisa dimulai dari kawasan Kawedanan wlingi ke utara melewati daerah tegalasri. Selanjutnya silahkan mengikuti jalur utama yang ada hingga ujung pemukiman. Sehabis pemukiman terakhir Anda akan memasuki lokasi perkebunan karet, hingga sampai di sekitar perkebunan teh.

Sesampai di area perkebunan teh, Anda sudah bisa menyaksikan pemandangan hijau asri nan indah. Puncak gunung Kawi pun bisa Anda saksikan dari sini dengan beragam bukit yang dominan tanaman teh. Terdapat juga proyek pembangunan di sekitar daerah ini, proyek pembangunan dan pengembangan jalan serta pabrik (kemungkinan). Tidak perlu khawatir karena proyek pembangunan yang ada tidak menghambat perjalanan Anda menuju Sirah Kencong.
Perkebunan Teh Sirah Kencong
Perkebunan Teh Sirah Kencong

Petunjuk Jalur Menuju Sirah Kencong (Pabrik, Perkebunan dan Air Terjun)

Jika Anda datang dari Blitar Kota, silahkan langsung menuju Pasar-Kawedanan Wlingi. Jika Anda bermula dari kota Malang, silahkan menuju wilayah Kesamben-Wlingi langsung ke arah Kawedanan Wlingi City Hall. Untuk panduan petunjuk jalur lebih jelasnya bisa lihat peta di bawah ini.


Tips Wisata ke Air Terjun Sirah Kencong
  1. Usahakan tidak menggunakan kendaraan matic.
  2. Gunakan kendaraan dengan kondisi prima dan kuat.
  3. Gunakanlah mobil yang cukup tinggi untuk jalanan menanjak.
  4. Selalu sedia jas hujan untuk antisipasi cuaca di musim penghujan.
  5. Pastikan bahan bakar kendaraan mencukupi untuk naik turun perjalanan.
  6. Bawalah bekal minimal air minum sebelum tracking hutan pendek menuju Air Terjun.
  7. Usahakan memakai celana panjang dan sepatu ketika melakukan tracking ke Air Terjun.

Galeri Foto Lokasi Wisata Sirah Kencong Blitar

Berikut adalah beberapa gambar yang berhasil diambil oleh perwakilan tim Komunitas Unik di Sirah Kencong Blitar. Tim memulai perjalanan di sore hari dengan perencanaan mendadak tanpa persiapan sebelumnya. Lebih baik Anda mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatu yang diperlukan selama berwisata.
 

 

 

 

 

Jika Anda hendak bepergian dan mampir ke lokasi wisata Sirah Kencong maka disarankan untuk memulai pada waktu pagi-siang hari sebelum sore. Sehingga Anda bisa lebih menikmati keindahan alam wisata Sirah Kencong secara total. Bukan seperti berwisata yang harus buru-buru karena dikejar waktu.
 

 

 

 

 

Itulah panduan petunjuk jalur menuju wisata Sirah Kencong air terjun, pabrik dan perkebunan teh. Rute petunjuk jalur ini adalah trip baru yang disarankan jika Anda hendak berwisata menuju Sirah Kencong Blitar. Ulasan dan alasan rute baru ini dibuat adalah rute lebih mudah dibandingan dengan rute lama yang lebih menanjak dan berbatu. Terima kasih telah menyempatkan membaca, salam berbagi dan salam cinta. Enjoy your life!

Incoming search: sirah kincong 2016, sirah kencong via tegal asri, air terjun sirah kencong, candi sirah kencong, perkebunan teh sirah kencong, wisata sirah kencong blitar, rute sirah kencong, lokasi sirah kencong blitar, gunung butak sirah kencong, penginapan di sirah kencong, jalan ke sirah kencong, jalur baru sirah kencong, letak sirah kencong, legenda sirah kencong, misteri sirah kencong, pabrik teh sirah kencong, ptpn 12 sirah kencong, sejarah candi sirah kencong, taman sirah kencong wlingi blitar.
Arik Suefendi
About
Petunjuk Jalur Sirah Kencong Air Terjun Perkebunan dan Pabrik Teh - written by Arik Suefendi , published at 9:12:00 AM, categorized as Edukasi , Info Internet , Info Wisata , Informasi Unik , Pendidikan , Pertanian , Remaja , Ulasan , Wisata . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog