Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Cara Membeli Rumah Dengan Kredit Dan Menabung

by Arik Suefendi , at 3:00:00 PM , has 0 komentar
Mungkin pernah terpikirkan bagaimana cara mempunyai sebuah rumah idaman sementara kita belum memiliki cukup tabungan untuk mewujudkan impian. Bagaimana mungkin kita bisa memiliki sebuah rumah tanpa kredit/hutang jika kita tidak memiliki cukup banyak tabungan.

Terkadang hal ini menjadi momok yang menakutkan karena kita merasa tidak mampu untuk mewujudkan impian sebuah rumah karena keterbatasan. Belum ada persiapan sejak dini agar cita-cita bisa cepat tercapai. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk memiliki sebuah rumah untuk masa depan? Mungkin dengan cara menabung? Atau mungkin juga dengan cara kredit pinjaman di Bank!

Jika kita mau menghitung cara menabung untuk membeli rumah maupun kredit pembelian rumah alias KPR, maka ada beberapa temuan yang mungkin mengejutkan Anda.
Ilustrasi Rumah Impian
Ilustrasi Rumah Impian

Berikut ini adalah dua cara yang paling banyak ditempuh dan paling banyak dilakukan banyak orang untuk memiliki sebuah rumah. Serta beberapa temuan yang mungkin membuat Anda terkejut karena selama ini kita terlalu mengabaikan efek/akibat serta kemungkinan buruk yang akan terjadi jika kita menempuh cara tersebut untuk memiliki sebuah rumah.
Ilustrasi Kepemilikan Rumah
Ilustrasi Kepemilikan Rumah

1. Cara Memiliki Rumah Dengan Cara Kredit

Bagi sebagian orang, kredit pembelian rumah alias KPR menjadi salah satu cara alternatif yang bisa ditempuh untuk memiliki sebuah rumah. Dikarenakan kepemilikan rumah sendiri menjadi salah satu impian, maka tidak jarang beberapa orang memutuskan kredit di Bank untuk memiliki sebuah rumah idaman.

Temuan mengejutkan terkait kredit pembelian rumah ini adalah beban yang harus ditanggung nasabah ketika harus memiliki tanggungan berupa angsuran per bulan selama sekian tahun. Tidak heran jika ketidak-mampuan membayar angsuran setiap bulan akhirnya rumah menjadi korban. Biasanya pembayaran angsuran di awal lancar-lancar saja. Namun ketika mengalami kesulitan ekonomi atau gaji tidak mencukupi dan masih banyak faktor yang lain lagi maka angsuran menjadi tersendat.
Ilustrasi Membeli Rumah Dengan Cara Kredit
Ilustrasi Membeli Rumah Dengan Cara Kredit

Bayangkan saja jika harus membayar tagihan sebesar 2,5 juta setiap bulan selama 20 tahun untuk pembelian rumah atau KPR. Itupun belum termasuk bunga angsuran. Belum lagi jika ada DP atau uang muka sebesar 20% s/d 30% dari total kredit. Lagi-lagi itupun jika sudah lolos survey dari BI Checking. Ini fakta yang terjadi dan banyak dialami oleh sebagian orang.

Sudah angkat tangan dan menyerah membayar angsuran berujung pada segel atau lelang terhadap unit rumah yang di-idam-idamkan. Cara ini merupakan cara paling beresiko meskipun ada juga yang berhasil memiliki rumah dengan cara kredit seperti ini. Tips untuk Anda jika menempuh jalur ini adalah pastikan gaji mencukupi dan pastikan juga mampu untuk membayar angsuran setiap bulan selama sekian tahun. Jika Anda ulet dan teratur memenuhi tagihan maka impian memiliki rumah sendiri akan tercapai.

2. Cara Memiliki Rumah Dengan Cara Menabung

Cara yang kedua untuk membeli rumah idaman adalah dengan menabung. Dibutuhkan waktu sekian tahun untuk menabung agar bisa membeli rumah dengan cara cash tanpa menanggung angsuran di bank alias bebas hutang. Cara ini lebih aman dibanding dengan cara kredit di Bank, namun masih jarang yang benar-benar bisa dan mampu menabung sekian tahun lalu membeli rumah mewah dengan harga ratusan juta rupiah.

Perhatikan ilustrasi berikut ini sebagai contoh acuan jika Anda ingin membeli rumah mewah dengan cara menabung tanpa menanggung angsuran hutang di Bank. Setidaknya Anda harus mempunyai gaji tidak kurang dari 3 juta per bulan lalu menyisakan untuk tabungan sebesar 1 juta rupiah per bulan. Maka dalam tempo waktu selama 50 tahun lagi Anda bisa membeli rumah dengan harga 600 juta secara cash tanpa harus kredit di Bank.
Ilustrasi Membeli Rumah Dengan Cara Menabung
Ilustrasi Membeli Rumah Dengan Cara Menabung

Pertanyaannya, apakah kita mampu menabung rutin setiap bulan? Jika dalam waktu 50 tahun lagi apakah type rumah masih sama dengan model yang sekarang? Ditambah lagi harga rumah yang saat ini sebesar 600 juta kemungkinan 50 tahun yang akan datang menjadi 2x lipat atau bisa mencapai 1 Milyar lebih. Itupun jika kita masih diberikan kesempatan hidup 50 tahun lagi.

Kesimpulan dari menabung untuk pembelian rumah di masa depan lebih aman darri pada kredit di Bank. Tetapi harus sabar sekian tahun sampai tabungan mencukupi untuk pembelian rumah. Banyak yang berhasil menempuh cara ini, namun biasanya mereka tidak serta merta menabung secara mentah-mentah. Biasanya mereka menjadikan tabungan berupa investasi misalnya emas atau barang berharga untuk kalangan elit/pejabat dan hewan atau sawah bagi kalangan menengah ke bawah alias rakyat kecil.

BACA JUGA: -

Nah itulah 2 langkah membeli rumah dengan cara kredit dan menabung. Ulasan ini bukan dimaksudkan untuk menyudutkan para developers bank maupun investor dengan istilah melarang masyarakat untuk mengajukan kredit pembelian rumah atau KPR. Bukan juga sebuah pelecehan terhadap siapapun yang menempuh jalur menabung untuk memiliki sebuah rumah impian. Namun dibalik fakta yang terjadi diharapkan masing-masing dari kita bisa berfikir dan menciptakan inovasi. Kira-kira dengan cara apa saja yang bisa dilakukan untuk kepemilikan rumah impian selain menabung dan kredit.
Cara Mendapatkan Rumah Melalui Bisnis Top Star
Cara Mendapatkan Rumah Melalui Bisnis Top Star

Tentu saja cara alternatif ke arah inovasi yang dimaksudkan adalah cara yang lebih cepat dengan segala kemungkinan yang ada dan bisa diterima dengan logika. Yang paling penting adalah masih dengan cara yang halal dan jalur yang benar. Bukan dengan cara korupsi, merampas/merampok atau cara lain yang bisa merugikan orang lain. Ingat, harta benda di dunia hanya bersifat sementara. Marilah kita mengupayakan semua itu dengan cara yang benar dan masih sesuai dengan aturan agama dan keyakinan masing-masing.

Demikianlah ulasang tentang cara membeli rumah dengan menempuh jalur/langkah kredit dan menabung. Manakah cara yang Anda pilih, atau mungkin ada cara yang lain dan bisa dibagikan kepada pembaca yang lain? Silahkan meninggalkan pesan atau pendapat pada kolom kotak komentar yang telah disediakan. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfa'at salam berbagi dan salam cinta.
Arik Suefendi
About
Cara Membeli Rumah Dengan Kredit Dan Menabung - written by Arik Suefendi , published at 3:00:00 PM, categorized as Gaya Hidup , Info Internet , Informasi Unik , Motivasi , Ulasan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog