Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Wisata Bukit Bayon Widoro Gandusari Trenggalek

by Arik Suefendi , at 10:38:00 AM , has 1 comment
Bukan hanya di Bojonegoro saja yang memiliki Negri Atas Awan, ternyata Trenggalek pun juga punya. Bagi anda yang menyukai traveling di alam pegunungan , ada sebuah lokasi menarik dan layak anda kunjungi. Sebuah bukit di Kabupaten Trenggalek.

Bukit ini menyajikaan tiga keindahan alam yang sungguh istimewa, mulai dari matahari terbit atau sunrise , matahari tenggelam atau sunset dan negeri atas awan. Menjadikan tempat ini sebagai lokasi istimewa di kawasan Kabupaten Trenggalek.

Lokasi instimewa itu berada di Bukit Banyon, Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Menikmati suasana pagi di puncak bukit ini memiliki sensasi yang berbeda dibanding dengan lokasi lain.
Puncak Bayon Trenggalek
Puncak Bayon Trenggalek

Dari atas ketinggian 1.175 meter , kita bisa menikmati eksotisme hamparan awan putih yang menyelimuti perkampungan dan gugusan-gugusan pegunungan yang ada di wilayah Trenggalek. Berada di kawasan ini , seakan  berada di negeri atas awan . Indahnya pemandangan bukit banyon , juga kerap dijadikan lokasi untuk foto.

Tak hanya keindahan lautan awan , lokasi ini juga menyaksikan sensasi lain, karena pegunjung bisa secara langsung menikmati terbitnya sang surya dari ufuk timur . Matahari terbit atau sunrise bisa akan muncul dari sela-sela barisan pegunungan, sekitar pukul setengah enam pagi. Momen indah ini banyak di abadikan oleh beberapa pengunjung dengan menggunakan kamera ponsel.

Menurut Rhosydin , pengunjung, munculnya sang mentari yang menerobos gumpalan awan di lembah perkampungan warga, akan  membuat suasana semakin istimewa.
Pemandangan Puncak Bayon Trenggalek
Pemandangan Puncak Bayon Trenggalek

Selain dua keindahan alam tadi , salah satu puncak gunung di Trenggalek ini juga memberikan sajian yang menakjubkan pada sore hari, yakni matahari tenggelam atau sunset. Sunset di bukit banyon bisa disaksikan sekitar pukul setengah enam petang .

"Sang surya yang seharian menyinari bumi Trenggalek , akan tenggelam di peraduannya di balik barisan pegunungan," kata Rhosydin

Untuk menuju lokasi ini anda tidak perlu repot repot jalan kaki , karena bisa dengan mudah dijangkau dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil. Hingga saat ini , warga lokal meupun pemerintah daerah setempat belum menjadikan puncak bukit banyak sebagai kawasan wisata , sehingga pengunjung bisa dengan leluasa menyaksikan keindahan alam tanpa harus membayar tiket masuk.
Negri Atas Awan Trenggalek
Negri Atas Awan Trenggalek

Fahmi salah satu pengunjung dari Kediri mengaku berkunjung ke Bukit Banyon untuk libur akhir pekan bersama komunitasnya. Menurutnya, keindahan alam di Bukit Banyon ini sangat cocok sebagai baground pengambilan foto. “Malam hari kami niatkan untuk sampai sini (bukit banyon-red) sebelum jam 4 pagi. Supaya mendapat momen foto sunrisenya yang terbit sekitar jam setengah enam pagi (05.30 Wib) tadi,” ujar Fahmi.

Sementara Joko Waseso salah seorang warga Desa Widoro mengatakan selain lokasi yang dapat dijangkau dengan sepeda motor maupun kendaraan roda empat, wisatawan bisa masuk ke bukit dengan gratis. Karena, Pemerintah setempat belum menjadikan Puncak Bukit Banyon sebagai kawasan wisata. Oleh karena itu, para pengunjung bisa dengan leluasa menyaksikan keindahan alam tanpa harus membayar tiket masuk.

“Setiap akhir pekan seperti ini, selalu ramai pengunjung. Sayangnya, belum dikelola dengan baik kawasan ini,” jelasnya.

Terpisah, perangkat Desa Widoro, Samsul Ma’arif mengatakan, kawasan kampung Banyon tersebut mulai ramai menjadi lokasi wisata warga, sejak setengah tahun terakhir. Destinasi ini menyebar ke masyarakat luas setelah beberapa orang mengabadikan keindahan puncak Banyon dan menyebarkan melalui media sosial. Kini, pada akhir pekan banyak wisatan yang datang untuk berwisata.

Pihaknya mengaku memiliki rencana untuk mengembangkan kawasan Bukit Banyon sebagai lokasi wisata andalan. Namun rencana tersebut harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak terkait. Dimana, Perhutani sebagai pengelola kawasan tersebut “Tujuan kami, sedandainya dikembangkan mampu memnjadi motor penggerak roda perekonomian masyarakat di kampung Banyon,” terangnya.

Demikian informasi wisata tentang Puncak Banyon yang ada di Gandusari, Trenggalek. Mulailah mengumpulkan teman, orang tersayang dan keluarga untuk merencanakan refreshing ke tempat ini. Sekarang ini lagi musimnya acara nge-trip yang merupakan gaya hidup baru masyarakat Indonesia. Terima kasih sudah menyimak, salam berbagi dan salam cinta.
Arik Suefendi
About
Wisata Bukit Bayon Widoro Gandusari Trenggalek - written by Arik Suefendi , published at 10:38:00 AM, categorized as Info Internet , Info Wisata , Wisata . And has 1 comment
1  comment Add a comment
artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog