Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Rute Mudah Wisata Air Terjun Sirah Kencong

by Arik Suefendi , at 12:16:00 AM , has 0 komentar
Kembali mengulas info wisata di Indonesia dan kali ini kita tiba di daerah Wlingi Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Blitar menjadi salah satu pilihan tujuan wisata dengan berbagai pilihan wahana wisata. Mulai dari pantai, candi, gua, telaga, air terjun dan tempat-tempat wisata yang lain di daerah Blitar dan sekitar sangat cocok untuk dijadikan tujuan refreshing. Kali ini kita akan membahas wisata air terjun Sirah Kencong di Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Sirah Kencong merupakan nama sebuah daerah di Perkebunan Teh Bantaran Wlingi yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 90 menit dari pusat kota Blitar. Jarak dari Blitar kota ke Sirah Kencong sebenarnya tidak terlalu jauh, namun akses jalan yang sulit membuat perjalanan menjadi lambat. Karena Sirah kencong sendiri berada di area pegunungan yang sulit dijangkau.

Adapun wisata alam yang biasa dikunjungi oleh wisatawan antara lain Perkebunan Teh dan Air Terjun Sirah Kencong. Meski di area ini juga terdapat candi, namun kurang begitu menarik wisatawan. Beberapa waktu lalu mblitar.net berkesempatan untuk main ke air terjun sirah kencong. Simak cerita perjalanan wisata ke Sirah Kencong.
Wisata Air Terjun Sirah Kencong
Wisata Air Terjun Sirah Kencong

Perjalanan ke Sirah Kencong

Memulai perjalanan ke Sirah Kencong dari Wlingi dianjurkan pada pagi hari. Sesampainya di Wlingi, rute perjalanan belok ke arah Pasar Semen. Dari pasar Semen belok kanan dan anda tinggal mengikuti jalan, karena hanya ada satu jalan di situ. Perjalanan tanjakan dengan jalan bebatuan di banyak titik mengharuskan anda menggunakan kendaraan yang cukup tinggi, supaya kendaraan tidak tersangkut di batu jalanan.

Setelah mulai jalan menanjak, anda akan masuk ke daerah perkebunan Kawisari. Ada dua jalan bercabang di daerah ini, yaitu ke kiri dan ke kanan. Anda bisa ambil jalan sebelah kiri untuk naik ke Sirah Kencong. Karena saat ini sedang musim hujan, anda akan disuguhkan berbagai macam pemandangan hijau di area hutan.
Kebun Kawisari Sirah Kencong
Kebun Kawisari Sirah Kencong

Di beberapa titik anda akan menemukan jalan yang bagus dan lumayan enak untuk dilewati, namun jangan kaget apabila menemui jalanan penuh batu yang menanjak. Di sinilah keahlian pengemudi akan diuji.Berbeda dengan jalan apabila anda pergi ke pantai Tambakrejo Blitar yang relatif mudah meskipun ada banyak kerusakan di jalan. Anda hanya perlu mengikuti satu jalan utama menuju puncak hingga menemukan gapura selamat datang di PTP Nusantara XII.

Di sini anda harus parkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki apabila ingin menuju ke Air Terjun. Bertanyalah kepada penjaga pos jalan yang harus di lewati apabila ingin pergi ke Air Terjun, sehingga anda tidak tersesat di hutan dan ditunjukkan akses jalan yang enak.

Kondisi Air Terjun Sirah Kencong ini tidak terlalu tinggi, dan disarankan jangan datang ke lokasi ini apabila sedang hujan. Karena apabila hujan turun, debit air akan besar dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir.
Gapura Perkebunan Bantaran Sirah Kencong
Gapura Perkebunan Bantaran Sirah Kencong

Apabila bepergian ke tempat ini jangan lupa untuk membeli teh hitam ken tea yang benar-benar nikmat rasanya. Konon, saat zaman pemerintahan Soeharto teh hitam kentea ini tidak dijual di Indonesia. Teh hitam ini khusus untuk di ekspor ke luar negeri. Namun sekarang anda sudah bisa mendapatkannya dengan mudah.

Rute Baru yang Mudah Ke Sirah Kencong

Belum lama ini ada rute baru yang cukup mudah untuk menuju ke sirah kencong. Bahkan mobil sedan roda empat pun bisa melaluinya dengan mudah. Meski ada beberapa titik dengan jalan yang rusak tapi masih bisa dilewati kendaraan roda empat. Meskipun begitu tidak disarankan untuk menggunakan kendaraan yang ceper. Rute bisa melalui kawedanan wlingi ke utara melewati tegalasri. Untuk peta lebih jelasnya bisa lihat peta di bawah ini.



Tips Bepergian ke Air Terjun Sirah Kencong
  • Gunakan kendaraan dalam kondisi prima dan kuat untuk jalan menanjak bebatuan.
  • Usahakan tidak menggunakan kendaraan matic, karena akan kesulitan.
  • Apabila anda menggunakan mobil pendek, resiko tersangkut batu saat jalanan menanjak sangat besar, gunakanlah mobil yang cukup tinggi untuk jalanan berbatu dan menanjak.
  • Pastikan bahan bakar kendaraan anda mencukupi untuk naik dan turun selama perjalanan.
  • Selalu sedia jas hujan apabila anda datang di musim hujan, karena di hutan pun anda membutuhkan jas hujan agar tidak kehujanan.
  • Bawalah bekal minimal air minum sebelum tracking hutan menuju Air Terjun.
  • Usahakan memakai celana panjang saat dan sepatu apabila akan melakukan tracking ke Air Terjun, karena ada pacet atau lintah yang bisa menghisap darah anda kapanpun dan dimanapun.

Reference sources: mblitar.net

Demikianlah review lokasi wisata yang ada di Blitar untuk jenis air terjun. Kebetulan penulis juga berdomisili di Kabupaten Blitar, jadi Anda boleh mampir di kediaman penulis tidak jauh dari lokasi wisata air terjun Sirah Kencong. Jika beneran ingin mampir jangan lupa bawa oleh-oleh yah, nanti diganti dengan oleh-oleh asli khas Blitar :) Terima kasih telah membaca, salam berbagi dan salam cinta.
Arik Suefendi
About
Rute Mudah Wisata Air Terjun Sirah Kencong - written by Arik Suefendi , published at 12:16:00 AM, categorized as Info Internet , Info Wisata , Wisata . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog