Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Gerhana Matahari Total Bulan Maret 2016 Hanya Terjadi di Indonesia

by Arik Suefendi , at 6:42:00 PM , has 0 komentar
Sedang menjadi trending toping informasi tentang gerhana matahari total yang diprediksi akan terjadi bulan Maret 2016. Jelas hangat diperbincangkan baru-baru ini khususnya di Indonesia. Pasalnya, gerhana matahari total tahun 2016 ini diberitakan hanya akan terjadi di Indonesia.

Fenomena alam besar akan terjadi di Indonesia. Tepat pada 9 Maret 2016, gerhana matahari total berlangsung di beberapa bagian di Tanah Air. Ini sesuai dengan prediksi dan perkiraan melalui observasi atau penelitian yang sudah dilakukan oleh pihak terkait di bidangnya.

Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan peristiwa alam ini harus disambut meriah di Indonesia. Sebab, peristiwa langka ini hanya berulang setelah puluhan tahun. "Gerhana matahari total (di Indonesia) terakhir tahun 1983, habis ini baru (terjadi lagi) 33 tahun lagi," ucap Indroyono di kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (7/7/2015).
Ilustrasi Gerhana Matahari
Ilustrasi Gerhana Matahari Total

"Kalau kita masih hidup (33 tahun lagi) baru bisa lihat (gerhana matahari total ini) lagi," sambung Indroyono. Menurut dia, ada faktor lain yang menyebabkan Indonesia harus berbangga dengan gerhana matahari tahun depan. Gerhana matahari total 2016 hanya terjadi di Indonesia.

BACA JUGA: Daerah dan Waktu Gerhana Matahari Maret 2016

"(Gerhana matahari total) ini cuma lewat di wilayah kita. Isu ini sudah terdengar di seluruh dunia," jelas Indroyono. "Kita akan buat (gerhana matahari total) ini sesuatu yang luar biasa," ucap dia. Oleh sebab itu, Indroyono mendorong semua kementerian terkait, lembaga pemerintah, pemangku kepentingan dan sektor swasta, bahu-membahu menyukseskan acara ini. Gerhana matahari di Indonesia ini dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan devisa dari sektor pariwisata.
Ilustrasi Siklus Gerhana Matahari
Ilustrasi Siklus Gerhana Matahari

Kemenko Maritim pun siap menyelenggarakan beberapa acara untuk menyambut gerhana total ini. Termasuk penawaran paket wisata gerhana, penyelenggaraan World Total Solar Eclipise Conference, rangkaian ekspedisi maritim dengan menyaksikan langsung gerhana matahari total di beberapa wilayah.

Keterangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ada beberapa daratan yang akan dilewati gerhana matahari total di Indonesia. Wilayah tersebut antara lain Palembang, Bangka Belitung, Palangkaraya, Palu, Ternate, dan Tidore.

Demikianlah ulasan tentang gerhana matahari total bulan Maret 2016. Nantikan lagi informasi unik lainnya di blog Komunitas Unik. Share atau bagikan artikel ini ke orang lain jika dirasa informasinya bermanfa'at. Terima kasih telah menyempatkan membaca, salam berbagi dan salam cinta.
Arik Suefendi
About
Gerhana Matahari Total Bulan Maret 2016 Hanya Terjadi di Indonesia - written by Arik Suefendi , published at 6:42:00 PM, categorized as Gaya Hidup , Info Internet , Informasi Unik . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog