Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

5 Tips Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

by Arik Suefendi , at 6:35:00 AM , has 0 komentar
Siapa sih yang belum pernah mendengar dengan nama Bayu Skak? Bahkan saya yakin beberapa diantara pembaca sudah pernah melihat sosok Bayu Skak di TV. Yup, dia adalah seorang Youtubers dari Malang - Jawa Timur.

Membayangkan pendapatan puluhan juta rupiah per bulan dari YouTube seperti Mas Bayu Skak tentu menyenangkan. Apalagi yang harus dikerjakan hanyalah membuat dan mengunggah video. Meskipun terkesan gampang, ternyata bagi Bayu Skak hal itu butuh kerja keras agar pendapatannya stabil tiap bulan.

Sukses sebagai Youtubers tidak semudah apa yang kita bayangkan. Awalnya Bayu Skak promo di FB sekita 400 FB teman. Akhirnya setelah mereka nonton akhirnya mereka support dia. Mereka ikut share videonya, ujar Bayu Skak saat bertandang ke Bintang.com beberapa waktu lalu.
Bayu Skak 1
Bayu Skak 1 - Foto: Bintang.com

Ingin tahu berapa penghasilan dari YouTube? "Saya sendiri kaget ternyata dibayar dari YouTube. Rata-rata Rp 15-20 juta perbulan," katanya. Untuk mendapatkan angka itu dia harus kerjakeras. "Ada dua juta views setiap bulan minimal. Harus konsisten terus berkarya. Sekarang saya mengerjakan video dengan serius. Ada teman yang bantu edit," paparnya.

Selain itu menjadi berbeda adalah salah satu kunci suksesnya? "Karena saya ngangkat bahasa Jawa. Komunitas Jawa yang mensupport saya. Membuat sesuatu yang berbeda dari daerah agar menarik perhatian penonton," jelas Bayu Skak.

Mungkin maksud dari pesan yang disampaikan oleh Mas Bayu adalah menciptakan sesuatu yang unik dan menarik. Nah itu adalah tips dan saran dari Bayu Skak jika Anda ingin mengikuti jejak sukses Mas Bayu berbisnis YouTube. Berikut ini ada beberapa tips yang juga tidak kalah penting jika Anda ingin sukses menjadi Youtubers dan mendapatkan penghasilan dari internet YouTube.
Bayu Skak 2
Bayu Skak 2 - Foto: Bintang.com

1. Menentukan Topik atau Tema

Hampir semua channel sukses di youtube, punya garis besar sama. Mereka punya 1 topik untuk dieksplorasi. Entah how to something, music, videography, photography, komedi, visual effect, romantisme, dll. Topiknya tak terbatas jika berbicara tentang niche atau topik alias tema.

Semakin sempit niche-nya semakin baik karena bisa fokus. Semakin 'jarang' orang lain yang membahas hal itu juga tambah bagus. Anda harus tahu bahkan ada orang yang hanya merokok dengan baju dan musik berbeda punya subscriber ribuan. * Ulasan di KasKus.

2. Mengetahui Teknis Video dan YouTube

Teknis video mencakup tentang alat perekam video, alat untuk edit video, pemilihan musik backsound video dan lain-lain berkaitan dengan video itu sendiri. Usahakan video mudah dipahami oleh penonton dan memberikan manfa'at baik berupa hiburan maupun sekedar informasi atau pengetahuan.

Teknis YouTube itu mencakup tentang setting atau pengaturan akun Anda di situs YouTube itu sendiri. Usahakan Anda telah mengatur monetisasi atau mengizinkan iklan tampil pada video YouTube Anda. Jika Anda tidak mengizinkan iklan tampil pada video Anda, maka mendapatkan uang dari YouTube adalah hal yang mustahil.

3. Belajar Dari Kesuksesan Orang Lain

Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara melihat trend video atau video yang paling banyak ditonton di YouTube. Pelajari cara pembuat video menyampaikan isi video. Lihat juga cara memberi judul, deskripsi atau keterangan, pemilihan musik backsound dan lain-lain. Ikuti pengunggah video di akun sosial medianya (jika ada). Intiplah cara-cara mereka mempromosikan video di YouTube.
Bayu Skak 3
Bayu Skak 3 - Foto:  Bintang.com

Biasanya para YouTubers memiliki jumlah subscriber atau pelanggan yang lumayan banyak. Nah, Anda bisa mengajak banyak orang juga yaitu para pengguna internet untuk subscribe atau berlangganan video Anda di YouTube. Semakin banyak subscriber atau pelanggan channel video Anda, maka jumlah pengunjung video Anda juga akan semakin bertambah.

4. Konsisten dan Rajin Upload Video

Konsisten dalam hal berbisnis internet di YouTube adalah berkaitan dengan melawan rasa malas. Sesuai dengan pesan yang disampaikan Bayu Skak, Sukses sebagai Youtubers tidak semudah apa yang kita bayangkan. Butuh kerja keras, konsisten dan beberapa waktu untuk mendapatkan penghasilan pertama Anda dari YouTube.

Jika sudah berhasil melawan malas, maka Anda akan rajin untuk mengupload video di YouTube. Singkat saja begini, ketika pertama kali Anda meng-upload ternyata jumlah pengunjungnya hanya sedikit. Namun jika Anda tidak menyerah dan kembali upload video selanjutnya, upload dan upload percayalah suatu sa'at bakal terjadi peningkatan pengunjung untuk video Anda di YouTube.

5. Berdo'a dan Terus Berusaha

Berdo'a tidak serta merta tentang meminta. Jika Anda masih belum puas dengan penghasilan Anda dari bisnis internet YouTube teruslah berdo'a dan memohon pada Yang Kuasa agar penghasilan Anda ditingkatkan.

Jika ternyata Anda sudah cukup puas dengan hasil pendapatan uang dari YouTube, maka bersyukurlah dengan berbagi hasil dari yang sudah Anda dapatkan. Baik berupa material atau uang kepada mereka yang membutuhkan, percayalah sedekah melancarkan rezeki. Maupun ilmu yang selama ini Anda terapkan dibagikan kepada mereka sesama pendulang duit dari internet YouTube.

Berusaha bukan saja dilakukan oleh newbie atau para pemula pebisnis internet YouTube. Para YouTubers yang sudah sukses pun juga akan terus berusaha menambah ilmu serta pengetahuan dan wawasan demi meningkatkan kualitas konten yang ditampilkan. Mereka banyak membuat forum atau komunitas sesama YouTubers untuk sharing saling berbagi dan tukar informasi seputar YouTube.

Demikianlah ulasan tentang 5 Tips Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube. Silahkan ikuti cara di atas jika ingin meniti jejak sukses berbisnis internet di YouTube. Telusuri juga tips-tips menarik lainnya pada blog ini terkait dengan informasi seputar YouTube. Gunakan kolom pencarian untuk menemukan artikel yang sesuai dengan kebutuhan. Salam berbagi dan salam cinta.
Arik Suefendi
About
5 Tips Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube - written by Arik Suefendi , published at 6:35:00 AM, categorized as Bisnis Internet , Bisnis Online , Youtube . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog