Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Cara Daftar Registrasi Kartu Perdana Baru 2016

by Arik Suefendi , at 8:07:00 PM , has 24 komentar
Sesuai artikel sebelumnya yang berjudul Peraturan Baru Registrasi Kartu SIM Prabayar, pemerintah telah memberikan aturan baru untuk aktivasi kartu perdana. Dalam hal ini pemerintah memberikan instruksi melalui lembaga BRTI dan KOMINFO. Peraturan baru ini menggunakan kode ID outlet atau penjual kartu perdana. Peraturan baru ini berlaku untuk kartu perdana all operator baik perdana Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, Tri, Axis dan lain-lain.

Pernahkah Anda menemui kendala ketika mendaftarkan kartu perdana baru namun belum bisa menggunakan layanan kartu tersebut? Belum bisa melakukan SMS, melakukan panggilan dan lain-lain. Maka solusinya adalah dengan mendaftarkan kembali di outlet tempat Anda membeli kartu perdana tersebut. Berikut ini adalah penjelasan tentang cara registrasi kartu SIM Card menggunakan outlet ID.

Proses aktivasi sim card perdana ini diperlukan agar kartu yang bersangkutan bisa terdaftar dalam sistem jaringan operator dan bisa digunakan untuk browsing internet, melakukan panggilan dan mengirim maupun menerima SMS. Nah, untuk proses aktivasi yang baru ini membutuhkan ID Outlet. Peraturan yang baru ini berlaku sejak tanggal 15 Desember 2015 sesuai dengan keputusan pemerintah.
Perdana Sim Card
Perdana Sim Card

Cara registrasi kartu perdana untuk aktivasi sim card baru:
  1. Masukkan SIM Card ke dalam soket HP
  2. Maka akan muncul pesan 'Selamat Datang' yang mengarahkan registrasi SIM Card
  3. Lengkapi proses pendaftaran sesuai data identitas misalnya KTP, SIM, Kartu Pelajar dll

Jika sudah selesai, biasanya Anda akan diminta untuk mengirimkan ID Outlet atau penjual kartu perdana tempat Anda membeli SIM Card tersebut. Masalahnya, belum banyak yang tau bagaimana cara untuk mengirimkan SMS ID Outlet ke operator yang bersangkutan. Bagaimana cara mengetahuinya? Dan juga bagaimana format pengiriman pesan SMS Outlet ID nya?

ID Outlet hanya dimiliki oleh para penjual kartu perdana atau outlet yang menjual SIM kartu perdana. Masalahnya lagi adalah tidak semua penjual atau outlet ini mengetahui ID Outlet yang mereka miliki. Jika Anda adalah salah satu dari outlet atau penjual kartu perdana dan belum mengetahui ID Outlet Anda lakukan pengecekan ID. Caranya adalah dengan mengakses *777# bagi pengguna Indosat Ooredoo dan *181# bagi pengguna Telkomsel.
Ilustrasi SIM Card
Ilustrasi SIM Card

Format Pengiriman SMS ID Outlet Aktivasi SIM Card

Jika Anda sudah mengetahui ID Outlet atau penjual kartu perdana Anda, silahkan mengirimkan SMS berisi ID ke nomor layanan aktivasi operator masing-masing. Untuk Telkomsel kirimkan SMS ke 1818 dan untuk Indosat kirimkan SMS ke 4444. Format Telkomsel: POSID(spasi)ID - Contoh: POSID 2203002168 dan kirim ke 1818. Format Indosat Ooredoo: ID - Contoh: ID#X1203 dan kirim ke 4444.

Jika berhasil maka Anda akan mendapatkan SMS berisi pemberitahuan bahwa nomor Anda sudah berhasil digunakan. Untuk catatan saja, tiap outlet berbeda kode ID nya. Kode Outlet ID ini didapatkan dari masing-masing sales resmi pemasuk kartu perdana kepada outlet, misalnya Anda adalah pemilik outlet dan belum punya ID, silahkan hubungi sales kartu perdana Anda.

Sedikit catatan: Ada juga kartu MKIOS yang belum bisa digunakan untuk melihat nomor Outlet ID. Jika ini yang jadi masalah, Anda hanya perlu menghubungi sales Telkomsel di wilayah Anda, atau bisa mendatangi kantor GRAPARI terdekat untuk informasi selanjutnya. Info lengkap hubungi CS Telkomsel di 188.
Ilustrasi Kominfo Image
Ilustrasi Kominfo Image

Demikianlah penjelasan tentang cara daftar registrasi atau aktivasi SIM Card alias kartu perdana baru. Mohon gunakan ID Outlet dan panduan di atas dengan bijak. Jika berhasil, selamat! Jika belum berhasil hubungi Galeri Indosat atau Grapari Telkomsel terdekat. Bisa juga dengan menghubungi Customer Service masing-masing operator.
Arik Suefendi
About
Cara Daftar Registrasi Kartu Perdana Baru 2016 - written by Arik Suefendi , published at 8:07:00 PM, categorized as Informasi Unik , Mobile , Teknologi , Tutorial . And has 24 komentar
24 komentar Add a comment
ne ada juga cara aktivasi kartu perdana pake simbox 16 port silahkan kunjungi web jika tertarik bisa di buatkan untk para yang membutuhkan dengan harga terjangkau
http://aktivasikartuperdana.blogspot.co.id/2015/12/program-aktivasi-kartu.html
Reply Delete
Terima kasih respon dan kunjungannya
Jangan lupa mampir kembali di blog ini :)
terimakasih atas bantuannya,kartunya udah bisa digunakan lagi
Delete
Baik, tq udah menyimak
Jangan lupa subscribe news artikel ya; ;)
Delete
Reply Delete
kartu perdana simpati saya tidak bisa digunakan Bos,outliet penjualnya juga tidak tau ID nya,saya minta saranya dong....?
Berarti bacanya kurang teliti yak? ;)
Jika udah baca dengan teliti pasti berhasil
Itu buktinya Imank Respact meninggalkan komentar
Dia bilang trims kartunya udah bisa digunakan lagi ;)

Jika Anda sudah mengetahui ID Outlet atau penjual kartu perdana Anda, silahkan mengirimkan SMS berisi ID ke nomor layanan aktivasi operator masing-masing. Untuk Telkomsel kirimkan SMS ke 1818 dan untuk Indosat kirimkan SMS ke 4444. Format Telkomsel: POSID(spasi)ID - Contoh: POSID 2203002168 dan kirim ke 1818. Format Indosat Ooredoo: ID - Contoh: ID#X1203 dan kirim ke 4444.

Gunakan dengan bijak, jangan disalah gunakan. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi karena ulah pihak yang tak bertanggung jawab.

Just share n education. Semoga bermanfa'at. Tq udah berkunjung, don't forget to subscribe ;)
Delete
Sip sip. Thanks udah mampir on this blog :)
Delete
Reply Delete
Kartu perdana q bru registrasi aja blm ngirim sms id outlet soal ya gk thu.untuk ngirim id ya itu ada masanya gk?misal hanya 24 jam saja
Tidak ada @Mbak Tatik, selama masa aktif kartu perdana masih berlaku. Istilahnya belum expired. Thanks kunjungannya.
Delete
Reply Delete
thanks sangat bermanfaat
U're welcome Ndan, thanks juga buat kunjungannnya.
Delete
Reply Delete
punyaku gagal terus
Silahkan ulangi dengan teliti..mungkin kode id outlet masih belum sesuai petunjuk?
Delete
Reply Delete
Kartu baru as aku gak bisa di pake . Kya yg belum terdaftar. Tiap daftar ulang . Permintaan anda tidak dapat di proses mulu .
Mau nlfon ke layanan telkosel juga kan ga bisa .
Tolong bantuanya.
masukkan kode id outket sesuai instruksi di atas. Jika sesuai petunjuk pasti bisa digunakan kembali.
Delete
Reply Delete
Klo id outlet untuk kartu three, atau cara minta id outleet three gimana ya, soalnya saya baru belajar usaha konter, semua perdana yg saya beli dr online shop smua, terima kasih atas bantuan nya
Reply Delete
gan mau tanya saya baru beli perdana simpati 12g4g tapi setelah saya cek cuman dapet setengahnya totalnya sih 7gan ini gimana ya ngurusnya
Ada yang bisa bantu aktivasi kartu axis saya ,,..soalnya g bisa sy pake di TKP saya ( makassar ) asal kartunya daerah JABAR .... kalo ada yg bisa bantu ...tolong masss nnti sy bayar biiaya aktivasinya makasih .....
Delete
Reply Delete
Masalahnya min pas saya sms ke 1818 itu gagal terus gk terkirim smsnya.
Reply Delete
Kok saya posid dan masukin ID gak terkirim yah sms nya. Mohon bantuannya
Reply Delete
Says gagal nih,aktifasi Simpang. Klu ngulang gimana ya caranya..
Reply Delete
Says gagal nih,aktifasi Simpang. Klu ngulang gimana ya caranya..
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog