Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Jaringan 4G LTE Internet Cepat dan Hebat

by Arik Suefendi , at 7:04:00 AM , has 0 komentar
Selamat Pagi Om Tante. Beberapa hari tidak berbagi rasanya sedih sekali. Seperti ada yang kurang di dalam kehidupan, hoho. Mohon dimaklumi, beberapa hari ini saya sibuk dan banyak waktu tersita. Yap, saya harus membina dan memberikan edukasi kepada tim jaringan bisnis online saya, hehe.

Selain itu saya juga disibukkan oleh kegiatan di rumah Budhe saya yang lagi hajatan. Budhe dari almarhum Bapak saya, sedih sekali beberapa hari hanya diingatkan kembali pada sosok seorang Bapak. Namun hal itu tidak menjadikan saya putus semangat. Saya akan tetap menyempatkan waktu untuk terus berbagi kepada pembaca Blog Komunitas Unik ini. Kasih oplos yang meriah buat saya, haha lebay.

Baiklah, tema kita kali ini adalah berbicara tentang jaringan 4G LTE dan kelebihannya. Mungkin banyak diantara Om Tante yang mendapatkan SMS promo dari Indosat. Tentunya kita pengguna produk Indosat seperti Mentari, IM3 dan Matrix. Kita mendapatkan SMS Notifikasi atau pemberitahuan tentang layanan terbaru dari Indosat berkaitan dengan jaringan 4G LTE seperti contoh pada screen shoot gambar berikut ini.
Promo Indosat 4G
Promo Indosat 4G

Apa Itu 4G?

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop menggunakan modem USB.

Sekilas Teknologi 4G

Sistem 4G menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Bagaimanapun, terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau.

Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSM, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang di operasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4 GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular. Integrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled.


Kelebihan Teknologi 4G LTE :
  • Teknologi LTE menawarkan kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan Uplink 75 Mbps
  • LTE menggunakan Orthogonal Frequency Division Mutiplexing (OFDM) yang mentransmisikan data melaului banyak operator spektrum radio yang masing-masing sebesar 180 kHz
  • Mendukung gelombang frekuensi yang saat ini digunakan oleh sistem IMT dan ITU-R
  • Untuk di perkotaan, frekuensi band yang lebih tinggi dan digunakan untuk mendukung kecepatan tinggi mobile broadband
  • Mendukung MBSFN (Multicast Broadcast Single Frequency Network)
  • Peningkatan dukungan mobilitas tinggi

Kekurangan Teknologi 4G LTE :
  • Biaya untuk infrastruktur jaringan baru realtif mahal
  • Jaringan harus diperbaharui maka peralatan baru harus diinstal
  • LTE menggunakan MIMO (Multiple Input Multiple Output), tentunya memerlukan antena tambahan pada pancaran pangakalan jaringan untuk transmisi data
  • Sebagai akibatnya jika terjadi pembaharuan jaringan maka pengguna perlu membeli mobile device baru agar dapat menikmati jaringan yang mendukung teknologi LTE

Itulah sekilas tentang jaringan atau teknologi 4G LTE. Sekarang kita ke pembahasan tentang teknologi 4G LTE yang ditawarkan oleh Indosat. Informasi ini akan menjelaskan lebih dalam tentang jaringan komunikasi 4G LTE.
Ilustrasi Teknologi 4G
Ilustrasi Teknologi 4G

Apa yang membedakan jaringan 3G dengan 4G?

Jaringan 4G-LTE adalah pengembangan teknologi dari jaringan 3G sebelumnya. Sehingga dengan teknologi 4G ini pelanggan dapat merasakan akses internet yang lebih cepat, latency yang lebih rendah, lebih stabil dengan kapasitas jaringan yang lebih besar.

Kelebihan menggunakan jaringan 4G-LTE Indosat Ooredoo:
*) Kecepatan tergantung oleh perangkat yang digunakan, jangkauan jaringan, lokasi, ketersediaan frekuensi dan faktor lainnya.
Kelebihan 4G vs 3G
Kelebihan 4G vs 3G

Perbandingan 4G dengan 3G
Perbandingan 4G vs 3G a
Perbandingan 4G vs 3G a
Perbandingan 4G vs 3G b
Perbandingan 4G vs 3G b

Cara Agar Terhubung Ke Jaringan 4G
Cara Terhubung 4G
Cara Terhubung 4G

Nah, demikianlah penjelasan tentang apa itu dan kelebihan teknologi atau jaringan 4G LTE. Bahasan kita kali ini mengacu pada layanan 4G LTE yang (akan/telah) tersedia bagi pelanggan Indosat. Sudahkah Anda menggunakan layanan jaringan 4G? Sudahkah lokasi area tempat tinggal Anda terjangkau oleh 4G LTE? Yang paling penting adalah device atau perangkat yang Anda gunakan untuk akses internet 4G LTE.

Semoga artikel ini bisa memberikan penjelasan untuk Anda yang masih belum terlalu paham tentang teknologi jaringan 4G. Teknologi terbaru ini merupakan hasil inovasi dan pengembangan dari jaringan sebelumnya. Kita berharap dengan kemajuan teknologi ini bisa memberikan manfa'at lebih untuk kita. Tentunya akan bisa membantu dalam kemudahan berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama, bukan sebaliknya.

Sedikit coretan saja nih, dengan semakin majunya teknologi dan perangkat modern terkadang juga menjadikan kehidupan itu lucu. Gimana ya, dibilang lucu juga bukan pelawak dan tidak melawak. Lebih tepatnya adalah aneh aja. Pernah g sih kita sedang berkumpul dengan teman, keluarga atau sanak saudara. Nah, harusnya kan kita salin sapa, ngobrol dan sejenisnya. Namun fakta yang terjadi, kita seolah-olah lagi berantem dan diem-diem an ketika ngumpul dengan banyak orang sekalipun. Kenapa? Ya karena saking asyiknya kita bermanja-manja an dengan perangkat/ponsel masing-masing. Karena memang asyik gitu loh :)
Internet Cerdas
Internet Cerdas

Jadi, baiklah mari kita gunakan teknologi, internet dan alat dengan bijak. Janganlah dengan majunya teknologi akan menjadikan kita sombong, angkuh dan sejenisnya. Kita semua yakin, inovasi dan kemajuan berkaitan dengan teknolig, internet dan alat adalah untuk memudahkan kita dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Semmoga kita akan bisa menjadi masyarakat yang cerdas internet tanpa meninggalkan pola, norma dan ketentuan yang berlaku di kemasyarakatan kita masing-masing.

Baiklah Bapak Ibu, Om Tante, Kang Mas Mbak Yu dan semuanya. Sekian dulu ulasan tentang teknologi jaringan internet 4G LTE. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa membagikan artikel ini jika dirasa bermanfa'at juga untuk orang lain. Nantikan lagi artikel-artikel menarik yang lain di postingan berikutnya. Lanjut gedein itunya, salam berbagi dan salam cinta.
Arik Suefendi
About
Jaringan 4G LTE Internet Cepat dan Hebat - written by Arik Suefendi , published at 7:04:00 AM, categorized as Bisnis Internet , Bisnis Online , Gadget , Info Internet , Mobile , Remaja , Teknologi . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog