Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Ledakan Besar di Cina Melukai Ratusan Orang

by Arik Suefendi , at 2:04:00 AM , has 0 komentar
Kali ini admin tidak menulis informasi seputar bisnis atau wisata hiburan seperti biasa. Sejenak mari kita ikut berduka cita atas terjadinya ledakan besar yang terjadi di Negara Cina. Peristiwa ini terjadi beberapa hari yang lalu dan menelan korban jiwa serta korban luka yang tidak sedikit.

Serangkaian ledakan dahsyat yang kemudian berkembang menjadi kebakaran di sebuah gudang di kota Pelabuhan Tianjin di China utara pada Rabu (12/5/2015) malam menewaskan 17 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Sejumlah media Pemerintah China melaporkan hal itu pada Kamis (13/8/2015). Kantor berita resmi China, Xinhua, mengatakan, Presiden Xi Jinping langsung memerintahkan "upaya habis-habisan untuk menyelamatkan para korban dan memadamkan api".

Para saksi mata mengatakan adanya bola api raksasa yang membubung ke langit malam setelah ledakan itu. Gumpalan asap pun masih mengepul di atas bangunan gudang itu beberapa jam setelah ledakan, yang terjadi pada sekitar pukul 23.30 waktu setempat atau pukul 21.30 WIB.
Ledakan di Cina
Foto: Ledakan Besar di Cina

"Bola api itu besar sekali, mungkin setinggi 100 meter," kata Huang Shiting (27 tahun) yang rumahnya terletak dekat dengan daerah pelabuhan kota di mana ledakan itu terjadi. "Saya mendengar ledakan pertama dan semua orang lari ke luar, kemudian ada serangkaian ledakan lagi. Jendela hancur dan banyak orang yang berada di dalam rumah terluka dan berlari keluar. Mereka mengalami pendarahan," katanya kepada kantor berita AFP.

Jaringan televisi CCTV mengatakan, 17 orang tewas dan lebih dari 400 orang dilarikan ke rumah sakit. Kantor berita Xinhua mengonfirmasi jumlah korban tewas itu dan mengatakan bahwa 32 orang dalam kondisi kritis.

Rumah-rumah sakit dilaporkan kewalahan menampung para korban.

Foto-foto yang diperoleh AFP menunjukkan warga, beberapa dengan pakaian yang sudah compang-camping, berjalan untuk berteduh di jalan yang berserakan puing.
Ledakan Besar di Cina
Ledakan di kota Tianjin, China, pada Rabu (12/8/2015), malam menewaskan sedikitnya 17 orang. Ledakan tersebut terjadi disebuah gundang. (Sumber foto: Kompas Internasional)

Koran Partai Komunis, Harian Rakyat, mengatakan dalam sebuah posting-an di jejaring sosial Weibo bahwa masih banyak orang yang terperangkap oleh kebakaran besar yang disebabkan oleh bahan peledak. CCTV juga awalnya melaporkan bahwa ledakan bersumber pada pengiriman bahan peledak.

Namun, laporan itu diragukan. Menurut laporan BBC, semua petunjuk mengarah pada kesimpulan bahwa ledakan itu merupakan kecelakaan industri.

Pusat jaringan gempa China menyebutkan, tingkat ledakan pertama setara dengan ledakan tiga ton bahan peledak TNT, sementara ledakan kedua setara dengan ledakan 21 ton TNT.

Berikut ini adalah video ledakan besar di kota Tianjin - Cina

Tianjin merupakan pelabuhan penting dan daerah industri arah tenggara ibu kota Beijing, yang merupakan tempat tinggal 7,5 juta orang.

Sumber: Kompas Internasional
Oleh: Egidius Patnistik

Semoga dari kejadian ini memberikan pelajaran untuk kita semua sebagai manusia agar lebih waspada. Segala sesuatu bisa saja terjadi di sekitar kita. Maka dari itu mari kita senantiasa berhati-hati dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa. Turut Berduka Cita.
Arik Suefendi
About
Ledakan Besar di Cina Melukai Ratusan Orang - written by Arik Suefendi , published at 2:04:00 AM, categorized as Berita , Bisnis , Info Internet . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog