Komunitas Bisnis dan Informasi Unik

Komunitas Wisata Rambut Monte Jawa Timur

by Arik Suefendi , at 11:36:00 AM , has 0 komentar
Pada tanggal 28 Juni 2015 lalu, saya bersama seorang teman dekat berkunjung ke salah satu tempat wisata di kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Wisata tersebut sudah sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Timur dengan sebutan Wisata Rambut Monte.

Ternyata ada sedikit perbedaan dari pemandangan wisata di kawasan Rambut Monte di tahun 2015 ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya ketika saya pertama berkunjung bersama rekan kerja.

Wisata Rambut Monte merupakan wisata alam yang terdiri dari sebuah telaga, candi, petilasan atau tempat untuk bermeditasi dan di latar belakangi dengan pemandangan yang hijau dari perkebunan teh dan sawah warga setempat.

Terhampar sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini sebuah pemandangan hijau dimulai dari pintu gerbang masuk ke telaga. Jika Anda berkeinginan untuk mengunjungi tempat ini, tidak perlu morogoh kocek terlalu besar. Begitu tiba di lokasi, biaya tiket masuk ke lokasi wisata ini tidak lebih dari 10 ribu rupiah per orang.
Wisata Rambut Monte
Mbak Niken di Wisata Rambut Monte

Wisata Rambut Monte terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, kurang lebih 30 km dari Kota Blitar. Candi yang terdapat di lokasi Rambut Monte ini merupakan tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada jaman Kerajaan Majapahit. Wisata Rambut Monte justru identik dengan telaga yang jernih dan airnya yang hijau yang dihuni oleh ikan, yang oleh warga sekitar di sebut dengan Ikan Dewa.

Terdapat juga sejarah atau legenda unik tentang keberadaan ikan dewa ini. Dikarenakan memang bentuk dan jenis dari ikan ini bisa dibilang langka atau jarang Anda jumpai. Cerita selengkapnya tentang ikan dewa ini bisa Anda baca lebih lanjut pada postingan artikel berjudul Legenda Ikan Dewa di Wisata Rambut Monte.

Untuk memberi kesan lebih dan kenyaman bagi pengunjung pihak pengelola telaga menyediakan sebuah gazebo untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam di sekitar telaga. Keindahan lokasi Rambut Monte ini kian bertambah dengan pantulan warna air dalam danau yang jernih kehijauan. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di area telaga yang berisi ikan Dewa, tetapi terdapat kolam tersendiri untuk pengunjung berenang menikmati hijaunya alam di Rambut Monte.

Perbedaan pemandangan antara saat ini dibanding dengan tahun sebelumnya bisa Anda lihat mulai dari foto pertama pada artikel ini. Kini telah dibangun gazebo juga untuk memanjakan pengunjung yang ingin beristirahat sembari menikmati keindahan pemandangan di sekitar telaga rambut monte.

Jika dibandingkan dengan foto yang lama, belum ada bangunan kecil di atas telaga. Dulu hanyalah bangunan kecil kuno berbahan dasar kayu. Sedangkan sekarang bangunan sudah berupa tembok yang lebih kuat dan kokoh. Sehingga lebih memberikan rasa nyaman untuk pengunjung yang ingin mendekat ke telaga. Biasanya para pengunjung mendekat di atas telaga untuk mengambil foto mereka (selvi) dengan latar belakang sebuah telaga dengan air yang jernih dan tenang.

Demikian artikel tentang komunitas Wisata Rambut monte di Blitar, Jawa Timur. Semoga Anda bisa meluangkan waktu di momen liburan untuk turut mengunjungi tempat wisata ini. Share ulang atau bagikan artikel ini ke orang lain jika dirasa artikel ini bermanfa'at untuk Anda. Sehingga orang lain yang membaca juga turut mendapatkan manfa'at.
Arik Suefendi
About
Komunitas Wisata Rambut Monte Jawa Timur - written by Arik Suefendi , published at 11:36:00 AM, categorized as Komunitas , Wisata . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Komunitas Unik
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Supported by Komunitas Blog